Bolehkan mencabut gigi geraham?

dental_restoration-300x270

Gigi geraham terletak pada mulut bagian dalam sehingga kadang sulit untuk menjangkaunya, lalu apakah boleh untuk mencabut gigi geraham?

Setiap gigi memiliki fungsinya masing-masing, seperti gigi taring yang berfungsi untuk merobek makanan dan gigi geraham yang berfungsi menghaluskan makanan. Dan sebenarnya, tidak ada satu gigipun yang tidak boleh dicabut karena pasti gigi tersebut bukan satu-satunya. Seperti contohnya kita memiliki 4 gigi taring, 2 di sisi kiri dan kanan atas, serta 2 kiri dan kanan bawah. Sehingga bila satu dicabut atau tercabut, masih ada gigi taring lain yang bisa menggantikan perannya.

Apalagi gigi geraham, yang bila gigi geraham Anda lengkap, Anda memiliki 12 gigi geraham. Sehingga berkurang 1 sebenarnya tidak masalah, apalagi Anda ingin mencabutnya karena gigi tersebut sudah rusak dan sering melukai Anda. Apabila yang dikhawatirkan adalah lubang yang terlalu besar, maka dokter Anda bisa menjahitnya hingga tertutup. Perlu Anda ketahui bahwa prosedur pencabutan gigi geraham adalah salah satu hal yang paling umum dilakukan.

Namun tentu saja, kami tidak memeriksa Anda secara langsung dan mungkin bila kami melihatnya, kami bisa saja memiliki pendapat yang sama dengan dokter Anda. Dokter Anda mungkin memiliki pertimbangannya sendiri yang menjadikan prosedur tersebut tidak bisa dilakukan. Kami hanya menyarankan, bila sebelumnya Anda belum berkonsultasi ke dokter gigi spesialis bedah mulut, Anda bisa bertanya pendapatnya karena dokter spesialis bedah mulut lebih berkompeten dalam menilai gigi mana yang pantas dicabut dan mana yang tidak.

Sementara itu bila Anda akhirnya memutuskan untuk dipasang gigi palsu, maka tentu bisa Anda tetap bisa memasang kawat gigi atau behel.