Bisakah Kita Selalu Berperilaku Jujur?

download (7)

Perilaku jujur merupakan salah satu sifat yang wajib dimiliki oleh setiap orang dan perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah, sekolah, maupun lingkungan sekitar. Tetapi apakah di setiap waktu kita bisa berperilaku jujur?

1 Like

Kejujuran sangat dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan dalam segala hal, selain tentu saja kerja keras, usaha, dan nasib baik. Dengan demikian, kita harus meyakini bahwa kejujuran sangatlah penting dalam kehidupan kita. Kejujuran harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari semua aktifitas yang kita jalani, karena pada dasarnya ia merupakan sumber segala kebaikan.

Jujur adalah suatu sikap yang lurus hati, menyatakan yang sebenar-benarnya tidak berbohong atau berkata hal-hal yang menyalahi apa yang terjadi (fakta). Jujur juga dapat diartikan tidak curang, melakukan sesuatu sesuai dengan aturan yang berlaku dan lain sebagainya. Jujur juga bisa bermakna kesesuaian antara niat dengan ucapan dan perbuatan seseorang. Sifat jujur sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap individu. Wajib hukumnya bagi kita untuk selalu berusaha jujur dalam hal apapun baik lisan maupun perbuatan. Sifat ini adalah dasar dan sebuah patokan sebuah kepercayaan. Jika kita sekali dapat dipercaya, orang lain akan mempercayai kita dan menilai kita seterusnya baik.

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa “kejujuran itu mahal”. Kejujuran memang sangat mahal, itulah mengapa berkata jujur terkadang terasa sangat berat. Kejujuran dapat membuat orang lain tenang dan senang, walaupun kadang ada juga yang merasa sakit. Ada juga kejujuran yang membuat kita dibenci karena karena merasa terganggu oleh sesuatu yang salah yang sudah dilakukannya.

Pada dasarnya, tidak ada alasan bagi kita untuk berbohong, jika kita mampu meyakini arti kejujuran. Sebenarnya sangat gampang untuk berbuat jujur. Jika kita salah maka kita seharusnya mengakui kesalahan tersebut, jika sesuatu hal tertentu merugikan orang lain lebih baik kita jujur dengan apa yang sudah terjadi. Dengan demikian, setidaknya tindakan jujur akan meringankan sebuah masalah dan tidak timbul masalah baru.

Kejujuran adalah modal yang paling utama untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Tidak hanya orang-orang baik saja yang menyukai orang-orang jujur, orang-orang jahat pun juga menyukai orang-orang jujur dan membenci orang-orang yang tidak jujur yang tidak bisa dipercaya. Berikut ada beberapa cara agar kita dapat menjadi orang yang selalu berperilaku jujur:

  1. Berpikir Sebelum Berbicara
    Berbicaralah perlahan-lahan dan jangan terburu-buru agar kita bisa membedakan mana kata-kata yang baik dan mana kata-kata yang buruk, sehingga kita bisa memblokir kata-kata yang buruk dari setiap percakapan kita sehari-hari. Baik berbicara dalam situasi serius maupun bercanda, filter kata-kata harus tetap diaktifkan

  2. Merenungi Dampak Buruk Dari Bohong
    Lakukan introspeksi diri untuk merenungi kembali kebohongan apa saja yang telah kita lakukan dan apa saja dampak buruknya bagi diri kita dan orang lain. Setiap kebohongan akan melahirkan kebohongan yang lain, karena untuk menutupi kebohongan yang satu diperlukan satu atau beberapa kebohongan lain untuk menutupinya.

  3. Menghukum Diri Sendiri Jika Melakukan Kebohongan Lagi
    Dengan adanya hukuman diharapkan diri kita selalu patuh dan menjaga lisan kita dari berbagai bentuk kebohongan yang membinasakan diri kita sendiri.

Setuju sekali dengan kak @Ariffarhan mengenai kejujuran merupakan modal utama untuk mendapatkan kercayaan dari orang lain. Aku rasa semua orang sangat menyukai kejujuran, termasuk pembohong sekalipun. Karena seberapa pahitnya sebuah kejujuran itu akan lebih baik daripada kebohongan yang manis.

Jika ditanya mengenai bisa kah kita jujur disetiap waktu? jawabannya bisa. Jujur dan bohong itu merupakan pilihan yang bisa dipertimbangkan semua orang. Jika kita terus memilih untuk jujur, seberapa menyakitkannya, atau seberapa pahitnya kejujuran tersebut kita akan tetap memilih untuk berkata jujur. Dengan membiasakan diri untuk selalu memilih jujur, lama kelamaanpun kita akan tumbuh menjadi pribadi yang jujur dan akan muncul perasaan sangat bersalah jika kita berbohong. Jadi mulailah membiasakan diri untuk melakukan hal baik untuk mendapatkan hidup yang baik juga

Saya rasa pasti setiap manusia pernah tidak berkata jujur, sekalipun kita paham bahwa jujur merupakan perilaku yang terpuji. Namun jika tidak di kondisikan pada situasi yang sesuai maka bisa saja kejujuran ini menimbulkan perpecahan. Oleh sebab itu, berdasarkan realitas yang kita lihat dan hal-hal yang telah kita lewati di hari belakang, kita ataupun saya pun pasti pernah terpaksa untuk lebih memilih opsi berbohong semata-mata untuk jalan kebaikan. Dan saya rasa seluruh manusia di bumi pun sepertinya tidak ada yang tidak pernah berbohong karena pada akhirnya kita adalah manusia yang serba pertimbangan dan memiliki empati untuk memilih mana sikap yang lebih baik dalam menanggapi sesuatu. Salah satunya terpaksa untuk tidak berkata jujur.

Kejujuran adalah komponen karakter moral yang berkonotasi atribut positif dan berbudi luhur, seperti integritas, kejujuran, dan keterbukaan termasuk kejelasan perilaku, bersama dengan tidak adanya kebohongan, kecurangan, pencurian, dan lain-lain. Kejujuran juga mencakup dapat diandalkan, dapat dipercaya, setia , adil, dan tulus.

Beberapa cara untuk bisa menjadi orang jujur:

  1. Berusaha berkata apa adanya pada siapapun dan bagaimanapun
  2. Berusaha apa adanya pada diri sendiri
  3. Menghindari situasi yang memungkinkan untuk berkata bohong
  4. Menghindari kebohongan yang tidak perlu

Menurut saya bisa namun tidak mudah. Bersikap jujur terkadang menjadi dilema ketika kita tidak menginginkan hal buruk terjadi akibat kejujuran. Namun, mau tidak mau jujur tetap harus ditanamkan oleh semua orang. Bagi saya jujur adalah kunci kesuksesan. Dengan jujur, orang-orang akan percaya dengan diri kita. Pada beberapa momen, mungkin kejujuran menjadi hal yang sangat langka, namun bersikap jujur setidaknya dapat mencerminkan siapa diri kita.

Perilaku jujur memang merupakan suatu sikap terpuji yang dimiliki oleh seseorang. Seseorang yang bersikap jujur akan dihargai dan diberikan kepercayaan oleh orang lain. Bahkan memiliki sikap jujur juga dapat mengikat hubungan yang baik dengan orang lain. Bersikap jujur perlu kita terapkan di berbagai lingkungam seperti sekolah, rumah, kampus, hingga lingkungan kerja. Namun, tidak semua orang mampu untuk menerapkan perilaku tersebut di kehidupan nyata. Contohnya adalah budaya mencontek yang seringkali kita lihat di kalangan mahasiswa atau berbagai macam cara lain untuk menerima bantuan dari teman tanpa sepengetahuan dosen atau guru. Dimana hal tersebut menunjukkan sikap ketidak sportifan seseorang.

Menurut Afrizal (2016) dalam Usman et all., (2019), terdapat beberapa faktor yang membuat seseorang menjadi tidak jujur yang diantaranya seperti adanya sifat iri hati, pengaruh ekonomi, lingkungan, atau bahkan ingin popular. Menerapkan sikap jujur pada seseorang memang tidaklah mudah, sebab butuh dilatih dan dipupuk sejak usia dini.

Berdasarkan pertanyaan di atas, menurutku kita memang tidak bisa untuk selalu berperilaku jujur terhadap semua orang. Sebab terkadang sikap bohong juga dilakukan hanya untuk menghargai perasaan seseorang dan berupaya untuk tetap bersikap sopan. Mungkin sebagian besar orang juga masih melakukan hal tersebut. Hal ini karena tidak semua kejujuran yang kita berikan dapat diterima oleh orang lain. Sehingga menurutku kejujuran terkadang memang menyakitkan untuk beberapa hal, namun hal ini juga dibutuhkan agar kita dapat berkembang menjadi lebih baik.

Sumber

Usman. Vuspitasari, Kikky Benedhikta. 2019. Penerapan Nilai-Nilai Kejujuran Dalam Mengembangakan Pendidikan Kewirausahaan Di Daerah Perbatasan. 1(2)

Menurut saya ketika ditanyakan bisa atau tidak itu adalah pilihan individual. Mengatakan kejujuran adalah pilihan terbaik buat pengembangan diri. Ketika kita memilih untuk mengatakan kejujuran terus menerus akan berdampak baik. Walaupun kejujuran kadang menyakitkan tetapi kita tidak akan merasa bersalah dan gelisah ketika kita berbohong. Kalau saya pribadi saya akan memilih untuk berkata jujur setiap saat.

Dalam bahasa Arab, kata jujur sepadan dengan kata as-shidqu atau shidiq, yang artinya benar atau nyata. Lawan kata as-shidqu adalah al-kidzbu yang artinya dusta atau bohong. Jadi, jujur adalah perilaku mengungkapkan kebenaran sesuai kenyataan dan menghindari kebohongan.

Sahabat Nabi sekaligus khalifah pertama dalam Islam, Abu Bakar, sampai mendapatkan gelar as-shiddiq karena selalu jujur dan mempunyai keberanian serta keistikomahanya dalam menampakan sikap jujur. Perintah Allah SWT untuk bersikap dan berucap jujur di dalam Alquran,

“Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan bersamalah kamu dengan orang-orang yang benar (jujur).” (QS At Taubah : 119)

https://mui.or.id/bimbingan-syariah/30325/alasan-mengapa-kita-diajarkan-selalu-jujur-dalam-hidup/

Sudah dijelaskan bahwa kita memang harus berprilaku jujur karena kejujuran akan membawa kita kepada kebaikan dunia dan akhirat