Bintik Merah Dekat Mulut Bayi Alergi Atau Tumbuh Gigi ?

Bintik bintik kecil merah pada daerah dekat mulut bayi apa kah itu alergi? Atau mau tumbuh gigi?

Binitk merah pada bibir dapat berindikasi kondisi atau penyakit tertentu, untuk memastikan penyebabnya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter dan juga anamnesa/tanyajawab yang lebih mendalam. Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui warna, besar, apakah disertai ganguan atau kelainan lainnya, lokasinya secara pasti dan keadaan lainnya dari benjolan tersebut.

Sebagai informasi, terdapat beberapa jenis penyakit yang mampu menimbulkan keluhan bintik-bintik merah pada kulit anak, seperti campak (rubeola), campak jerman (rubella), dan roseola.

Ketiga penyakit tersebut disebabkan oleh infeksi virus yang akan menimbulkan keluhan awal menyerupai penyakit flu (seperti demam, batuk, pilek, dll) selama beberapa hari yang diikuti oleh munculnya ruam merah pada seluruh kulit anak. Anak yang menderita penyakit campak dan roseola biasnya akan mengalami demam yang sangat tinggi, namun tidak demikian pada penderita campak jerman. Anak dengan campak jerman hanya mengalami demam ringan selama beberapa hari, atau bahkan tidak demam.