Berapa maksimal usia tumbuhnya gigi?

Seringkali orang-orang menduga pertumbuhan gigi akan berhenti saat usia memasuki kepala dua. Lalu berapa usia sebenarnya gigi akan berhenti tumbuh?

Gigi manusia terdiri dari gigi susu dan gigi permanen. Gigi susu mulai tumbuh sejak usia 6 bulan hingga pertumbuhannya lengkap pada usia 3 tahun. Selanjutnya gigi susu ini satu-persatu akan tanggal dan digantikan dengan gigi permanen sejak usia 6 tahun. Umumnya gigi susu sudah tanggal seluruhnya dan sudah tergantikan oleh gigi permanen pada usia 13 tahun.

Oleh karena itu pada umur 20 tahun umumnya gigi yang ada sudah merupakan gigi permanen seluruhnya. Bila karena satu dan lain hal gigi permanen tanggal atau dicabut, tentunya tidak akan terjadi pertumbuhan gigi yang baru. Namun sebagai pengganti gigi permanen yang tanggal dapat dilakukan pemasangan gigi palsu dengan teknik bridge/jembatan (gigi palsu disangga oleh gigi di sebelahnya) maupun implan gigi. Untuk penanganan yang tepat bagi kamu sebaiknya konsultasikan kondisi ini dengan dokter gigi. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk menilai kondisi gigi kamu, dan jika diperlukan tes penunjang mungkin akan dianjurkan (seperti X-Ray) untuk melihat struktur gigi. Dari hasil pemeriksaan ini dokter akan dapat menentukan penanganan yang tepat bagi kamu sesuai kondisi dasarnya.