Berapa Lama Gigi Palsu Bisa Digunakan?

Pemasangan gigi palsu adalah solusi terbaik jika salah satu gigi asli bermasalah, seperti bolong yang parah atau keropos sehingga sudah tidak bisa digunakan lagi. Walaupun gigi palsu dibuat sangat mirip dengan gigi asli, gigi tiruan tersebut bisa saja rusak sehingga harus diganti.

Mungkin bagi Anda yang ingin memasang gigi palsu atau bahkan sudah memasangnya di jajaran gigi Anda, masih belum tahu sebenarnya gigi buatan tersebut dibuat dari mana. Gigi tiruan ini, biasanya terbuat dari akrilik, nilon, atau metal dan dari banyaknya, gigi buatan ini terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Gigi palsu lengkap, merupakan gigi buatan yang menggantikan semua gigi yang ada di mulut, tanpa terkecuali. Kebanyakan, orang yang menggunakan jenis gigi ini adalah orang yang sudah memasuki usia senja dan sudah tidak punya gigi asli lagi.

  • Gigi palsu sebagian, yaitu gigi buatan yang hanya menggantikan satu atau beberapa gigi asli yang mengalami masalah, entah sudah bolong atau keropos. Gigi tiruan jenis ini akan dilengkapi dengan klip perekat yang terbuat dari karet atau logam untuk menjepit gigi asli yang mengapitnya.