Berapa kali gigi akan tumbuh setelah dicabut?

Waktu masih anak-anak sering kali kita mencabut gigi yang bermasalah dan akan tumbuh lagi, namun ketika sudah menginjak masa dewasa gigi tidak tumbuh lagi, lalu berapa kali hal tersebut akan terjadi?

Proses pembentukan gigi manusia sebenarnya telah dimulai sejak masa dalam kandungan, tepatnya pada masa kehamilan 4-5 bulan. Pada masa-masa awal tersebut benih gigi sulung sudah mulai terbentuk bahkan memenuhi rahang atas dan bawah bayi. Lantas kenapa pada sebagian besar bayi yang baru lahir tetap tidak memiliki gigi? Karna benih gigi sendiri baru akan “matang” dan siap untuk erupsi (keluar dari tulang rahang dan gusi) saat bayi berusia 6-7 bulan. Gigi yang paling pertama tumbuh adalah 2 gigi depan bawah atau insisivus sentral rahang bawah. Sedangkan gigi-gigi lainnya akan tumbuh berurutan dan lengkap sampai si anak berusia 2 setengah sampai 3 setengah tahun.

Nah, gigi sulung yang baru tumbuh sempurna saat kita berusia 3 setengah tahun tersebut tidaklah akan berusia lama. Karena pada usia 6 tahun gigi susu yang telah tumbuh susah payah tersebut akan mulai tanggal / lepas dan digantikan oleh gigi permanen. Proses tanggal gigi sulung dan digantikan oleh gigi permanen itupun sama seperti saat gigi sulung kita tumbuh, satu persatu. Dimulai dari gigi bawah depan juga dan diakhiri oleh tumbuhnya gigi geraham ketiga (molar 3) saat kita menginjak usia 18-25 tahun. Nah, proses pergantian gigi sulung ke permanen satu persatu sampai kita remaja inilah yang sering membuat kita salah paham. Karena merasa proses tanggal dan digantinya gigi masih ada yang terjadi saat kita dewasa. Padahal gigi yang tanggal dan diganti tersebut hanyalah terjadi pada gigi sulung.

Lantas apakah bisa kita mempercepat proses pergantian gigi sulung menjadi gigi permanen? Apakah ketika kita mencabut gigi anak maka gigi tersebut akan langsung tumbuh? Jawabannya adalah tidak, proses pergantian gigi tetap sesuai jadwal pertumbuhannya. Tidak dapat dipercepat dengan mencabut gigi sulung lebih awal. Itulah sebabnya banyak dokter gigi yang memilih untuk menambal ataupun mempertahankan gigi anak walaupun giginya telah rusak parah karena usia si anak masih cukup jauh dari masa pergantian giginya tersebut. Intinya, gigi sulung tetap memiliki fungsi penting jadi tidak bisa sembarang kita cabut.

Source : https://denpasardentist.com/2012/11/15/apakah-gigi-kita-yang-sudah-dicabut-bisa-tumbuh-kembali/comment-page-3/