Benarkah arang bisa jadi bahan untuk memutihkan gigi?

mulut

Selain kulit, kesehatan gigi memang penting dipelihara. Pasalnya, senyuman kita takkan cantik lagi jika gigi tampak kusam dan tidak terawat. Masalahnya, saat ini banyak sekali faktor yang membuat gigi seseorang jadi tampak kuning, rusak, dan tak sedap dipandang. Benarkah arang bisa jadi bahan untuk memutihkan gigi?

Di antara sekian banyak masalah gigi, warna kuning dan kusam adalah yang paling sering dijumpai dan bikin banyak orang gerah. Ada berbagai macam penyebab, namun yang paling banyak adalah karena gaya hidup yang tidak sehat. Merokok, terlalu banyak kafein, bahkan jarang sikat gigi adalah salah satu alasan kenapa gigi bisa menguning.

Belakangan, memang banyak teknologi yang bisa membantu memutihkan gigi. Berbagai metode whitening instan dengan harga jutaan rupiah seolah menjadi solusi masalah yang satu ini. Padahal, ada satu cara baru namun menarik yang bisa digunakan untuk menunjang penampilan gigi, yaitu menggunakan arang.

Banyak yang penasaran, bagaimana arang bisa menjadi bahan pemutih gigi. Namun sebagaimana dilansir dari Total Beauty, hal ini telah dibuktikan oleh para ahli. Memang bukan sembarang arang, bahan yang dimaksud adalah activated charcoal yang memang telah berbagai macam proses.

Bukan sembarang arang, bahan yang digunakan berasal dari tempurung kelapa atau biji zaitun. Bahan ini disebut activated jika dipanaskan di suhu yang sangat panas untuk menghilangkan racun dan mencegahnya meresap kembali. Biasanya, activated charcoal digunakan sebagai bahan untuk mengobati overdosis , dan terbukti efektif.

Teori inilah yang kemudian dikembangkan ahli kecantikan. Activated charcoal kemudian dikemas dalam bentuk ringkas untuk digunakan sebagai bahan pemutih gigi. Tak hanya itu, arang ini juga dapat bermanfaat untuk kulit dan rambut agar terlihat lebih sehat dan indah.

Sumber: http://doktersehat.com/arang-bisa-jadi-bahan-untuk-memutihkan-gigi-benarkah/