Benarkah apabila menyukai hewan menunjukkan seseorang bersifat penyayang?

hewan

Saya sering mendengar bahwa seseorang dengan hobi merawat hewan atau bahkan memiliki peliharaan merupakan orang dengan jiwa penyayang. Berdasarkan rumor-rumor tersebut saya mencoba mencari referensi mengenai hal ini dan menemukan tulisan yang menjelaskan bahwa seseorang yang hidup dengan hewan menunjukan sifat tanggung jawab dan lebih peduli (Buller dan Ballentyne, 2020).

Saya penyuka reptil dan memiliki beberapa gecko peliharaan, saya cukup setuju dengan statement bahwa penyuka hewan kebanyakan adalah penyayang. Bagaimana dengan kamu?

4 Likes

Menurut saya sih bukan patokan utama tapi bisa menjadi salah satu ciri seseorang penyayang. Tapi saya pribadi belum pernah menemukan seseorang yang seperti ini sih, karena terkadang menemukan dia penyayang dengan hewan tapi dengan sesama manusia kurang respect.

Jadi menurut saya tingkat penyayang seseorang itu bukan hanya pada hewan tapi pada semua hal haruslah respect.

Hahaha bagaimana jika pertanyaannya saya balik, saya bukan fanatic merawat hewan tapi menurut saya pribadi adalah orang penyayang.

2 Likes

Hahaha sama!
Saya rasa konteks ini sangatlah berbeda antara menyukai hewan dan punya sifat penyayang, jadi tidak bisa dijadikan patokan sih. Karena menurut saya sifat penyayang itu ada karena punya empati dengan apapun itu. Bisa di empati dengan hewan tapi ia tidak ada empati dengan sesama manusia dan sebaliknya.

Sifat penyayang tumbuh dari hati dan jiwa seseorang karena memiliki rasa empati yang tinggi, dan penyayang menurut saya tidak hanya pada satu objek saja tapi pada segala hal. Jika hanya satu atau dua objek saja menurut saya sih itu bukan penyayang.

1 Like

Menurutku ada relasinya jika seseorang menyayangi hewan maka dia juga penyayang dan lemah lembut. Sama seperti seseorang yang bersifat kasar atau bahkan psikopat itu sangat suka menyiksa hewan. Bahkan disebutkan salah satu ciri-ciri orang psikopat adalah suka menyiksa hewan sedari dia kecil.

Jadi sejalan sama pendapat ini. Apabila seseorang memang memiliki hati yang penyayang (hati dengan empati yang tinggi) maka dia akan mengaplikasikan perasaannya ke lingkungan sekitarnya. Tidak hanya hewan, bahkan benda-benda yang dia anggap memiliki ikatan yang erat dengannya akan disimpan dan dijaga.

1 Like

Jika disebut kebanyakan adalah penyayang bisa jadi itu benar. Setidaknya dia bisa menunjukan kasih sayang dengan tulus kepada peliharaannya. Yang saya lihat sih… orang yang tulus menyayangi binatang biasanya punya kepedulian yang lebih terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kemanusiaan. Setidaknya bisa menghargai hak-hak orang lain sebagai sesama manusia.

Tetapi kita tidak bisa menyudutkan orang yang tidak menyukai hewan sebagai orang yang tidak penyanyang atau kejam. Tidak menyukai berbeda dengan membenci ya. Sebab ada juga orang yang tidak suka dan tidak peduli dengan binatang tetapi secara kepribadian dia merupakan orang yang pemurah.

2 Likes