Batasan Makan Udang dan Kepiting yang Aman, Agar Kolesterol Tidak Naik


Rasa udang dan kepiting yang gurih serta tekstur dagingnya yang lembut membuat orang suka lupa diri saat makan. Nah, udang dan kepiting digadang-gadang tinggi akan kandungan kolesterol yang perlu diwaspadai. Namun, apakah ini benar? Lalu seberapa banyak batasan makan udang dan kepiting agar kadar kolesterol darah tetap stabil?

USDA, yakni kementerian pertanian Amerika Serikat dalam laman Choose My Plate menganjurkan untuk mengonsumsi seafood jenis ikan atau kerang-kerangan sebagai sumber protein harian amannya sekitar 8 ons per minggu atau sekitar 226 gram dalam seminggu.

Dari acuan ini, Anda dapat memperkirakan asupan udang dan kepiting yang Anda inginkan selama satu minggu atau satu bulan ke depan.

Contohnya, satu porsi udang biasanya hanya sekitar 3 ons atau 85 gram. Dari 85 gram udang per hari, Anda sudah bisa memenuhi hampir setengah dari asupan kolesterol yang dibutuhkan dalam sehari. Jika dalam sehari Anda mengikuti acuan ini, maka Anda boleh makan udang sebanyak 2-3 kali per minggu agar kadar kolesterol darah tetap stabil.

Untuk daging kepiting, Anda masih boleh makan sampai 3-4 kali dalam seminggu. Satu sajian kepiting sebesar 85 gram menyumbang sekitar 97 mg kolesterol dalam sehari. Meskipun bisa dikonsumsi lebih banyak dibandingkan udang, hati-hati dengan kandungan natrium yang lebih tinggi dibandingkan udang.

Selain itu, untuk mengimbangi asupan kolesterol yang berasal dari kepiting atau udang, Anda perlu mengonsumsi makanan rendah kolesterol seperti susu tanpa lemak, buah, sayuran, dan kacang-kacangan. Serta sebaiknya Anda juga melakukan olahraga teratur 30 menit per hari, mengurangi rokok dan mengonsumsi obat penurun kolesterol jika kadar kolesterol Anda tinggi.

Sumber : lifestyle.okezone.com