Bahan alami untuk mengatasi gigi goyang

Saat Anda masih kecil, gigi goyang menandakan gigi susu Anda sudah mau tanggal dan digantikan dengan gigi dewasa. Namun, gigi goyang tak hanya dialami oleh anak-anak saja. Orang dewasa pun bisa mengalaminya juga. Tak seperti gigi goyang pada anak, jangan biarkan gigi tersebut patah atau tanggal.

Akan tetapi, gigi yang goyang tentu terasa tak nyaman di mulut. Apalagi ketika Anda harus mengunyah atau berbicara. Untuk itu, Anda perlu mengatasi gigi goyang dengan tepat.

Tanpa Anda sadari, bahan-bahan alami yang selama ini ada di dapur Anda bisa jadi penyelamat si gigi goyang. Tak perlu pakai obat-obatan mahal karena bahan alami biasanya bekerja lebih cepat dan manjur. Untuk mengatasi gigi goyang secara alami, perhatikan empat ramuan berikut ini.

  1. Air garam
    Ketika gigi mulai terasa goyang, segera kumur dengan air garam. Campurkan beberapa sendok makan air garam dalam air hangat. Lalu, kumur selama kira-kira satu menit dan buang. Setelah itu, bersihkan dan sikat gigi Anda seperti biasanya. Air garam mampu membasmi bakteri dan meredakan infeksi pada gusi yang membuat gigi Anda goyang. Anda juga bisa kumur air garam secara rutin untuk mencegah terjadinya periodontitis.
  2. Kunyit dan lada hitam
    Campuran kunyit dan lada hitam ternyata ampuh untuk mengatasi gigi goyang. Kunyit dan lada hitam memiliki khasiat sebagai antiperadangan. Selain itu, campuran keduanya mampu mengembalikan kekuatan gusi Anda.
    Untuk meracik ramuan ini, campur kunyit dan lada hitam dalam jumlah yang seimbang. Kemudian, lumatkan kunyit dan lada hitam sampai halus dengan cobek dan ulekan. Anda juga bisa menggunakan kunyit dan lada hitam yang sudah dikemas dalam bentuk bubuk.
    Dengan jari Anda yang sudah dicuci bersih, oleskan pada gusi yang sakit sambil memijat ringan selama satu sampai dua menit. Setelah itu, kumur dan buang sisa-sisa ramuan dari mulut sampai bersih.
  3. Garam dan minyak mustard
    Ramuan lain yang bisa mengatasi gigi goyang yaitu campuran garam dan minyak mustard. Minyak mustard (juga dikenal sebagai minyak moster) dibuat dari ekstrak tanaman sesawi dengan rasa yang khas, yaitu sedikit asam. Campuran kedua bahan ini kaya akan kandungan kalsium, magnesium, kalium, serta berbagai jenis mineral penting yang baik untuk menjaga kekuatan dan kepadatan gigi.
    Campurkan sejumput garam meja dan dua tetes minyak mustard dan aduk sampai rata. Dengan jari yang bersih, oleskan ramuan ini pada gusi dan gigi yang sakit. Pijat ringan selama kira-kira dua menit dan kumur sampai bersih.
  4. Buah cermai
    Buah berwarna hijau kekuningan ini rupanya ampuh untuk mengatasi gigi goyang pada orang dewasa. Buah cermai mampu memperbaiki jaringan-jaringan penghubung yang rusak pada gusi. Untuk menguatkan gusi Anda, larutkan ekstrak buah cermai dalam secangkir air hangat dan minum satu kali sehari. Anda juga bisa makan langsung buahnya, tapi hindari mengunyah dengan gigi yang goyang. Kunyahlah makanan pada sisi mulut yang sehat.