Bagaimana Tanggapan Kalian Mengani Perempuan Yang Merokok?


Sumber foto
Rokok selalu identik dengan kebiasaan laki-laki, sehingga mereka beranggapan bahwa perempuan yang merokok adalah perempuan yang nakal dan sesat. Ada banyak risiko yang terkait dengan wanita merokok. Ya, persepsi masyarakat tentang wanita merokok itu negatif. Karena masalah gender dan kesehatan, pandangan ini menjadi diskriminatif. Masyarakat berpendapat bahwa perempuan tidak boleh merokok karena tidak sesuai dengan etika dan harga diri perempuan. Jika harga diri wanita hanya diukur dari cara berpakaian, dan perilakunya, bagaimana dengan harga diri negara ini?
Nah, menurut pendapat kalian mengenai perempuan yang merokok itu gimana?
Referensi

1 Like

aku ga terlalu asing sih dengan perempuan merokok. menurutku juga tidak masalah, karena ya itu hak mereka. mereka sudah dewasa dan pasti bisa menentukan mana yang baik dan buruk bagi mereka. sekarang seharusnya kita sudah akrab dengan kesetaraan gender. laki-laki merokok ya perempuan juga bisa. oh katanya bisa merugikan orang lain, lah selama ini cowo yang merokok tidak sebegitunya, mungkin kalau 30% laki-laki yang aktif merokok berhenti merokok karena sitgma bahwa merokok itu merugikan pasti perusahaan rokok pada tutup. tentang etika dan harga diri? jadi selama ini orang yang merokok tidak memiliki etika dan harga diri? berarti hampir seluruh bapak-bapak tidak beretika dan tidak berharga.

apa yang biasa dilakukan lakilaki lalu dilakukan oleh perempuan pasti dianggap berdosa. padahal kan sama saja takarannya. trus juga dengan adanya stigma “laki-laki hanya mau perempuan baik untuk pendampingnya. yang buruk hanya untuk main-main” hadeh sangat egois laki-laki. ya kami juga mau pendamping yang baik tolong beli cermin yang banyak, oke?.

1 Like

Wajar saja ketika melihat wanita merokok memang apa yang salah? tanggapan jika seorang wanita merokok adalah wanita yang tidak benar, sesat, nakal dsb itu ada karena steriotip yang dibuat masyarakat untuk mempersempit dunia wanita. Kita semua tahu bahwa rokok memiliki dampak negatif bagi mereka yang merokok tidak peduli wanita atau pria, jadi tidak ada sangkutpautnya image buruk seorang wanita ada karena dia seorang perokok.

menurut saya perempuan merokok tidak ada salahnya. rokok memang diperuntukkan untuk laki- laki dan perempuan yang sudah memasuki batas umurnya. pilihan merokok kembali ke pada individu masing - masing. terkadang, masih sering terjadi diskriminasi gender. hal yang dilakukan pria tidak boleh dilakukan wanita

Kalau saya pribadi tidak mempersalahkan jika perempuan merokok. Itu merupakan hak dia dan mungkin saja ada faktor yang membuat dia merokok. Jikapun ada stereotipe atau stigma yang menyatakan kalau perempuan yang merokok itu pasti bukan wanita baik-baik, lantas siapa kita yang dengan seenak jidat memberikan penilaian seperti ini?. Toh itu juga keputusan dia dan selama itu enggak merugikan kita, ya untuk apa diurusi.

Sederhana saja, kenapa tidak? Apa yang membedakan antara laki-laki dan perempuan dalam hal merokok? Tidak ada. Gender apa pun itu, kalau memang butuh rokok, silakan saja lakukan. Aku sendiri tidak pernah mempermasalahkan hal-hal seperti ini, sama halnya ketika perempuan “minum”. Apa salahnya? Jika mempermasalahkan kesehatan, seharusnya tidak hanya ditujukan untuk perempuan, tapi laki-laki juga. Aku bukan perokok, jadi aku tidak tahu apakah rokok ada manfaatnya atau tidak. Tapi sering aku dengar kalau rokok bisa menghilangkan stres, bisa buat rileks sejenak, dan lain-lain–jadi, apa hak kita untuk melarang seseorang dalam hal menghilangkan stres? Dalam hal rileks sejenak? Jadi, buatku tidak ada masalah, sih. Toh, walaupun rokok memang ada buruknya, yang menerima “keburukan” itu sendiri adalah si perokok. Orang lain tidak perlu ikut campur.

Saya sendiri tidak pernah merasa aneh jika ada wanita yang merokok karena di sekitar saya sendiri pun ada juga teman-teman wanita yang merokok. Setahu saya, rokok bukan merupakan sebuah produk yang dibatasi untuk gender tertentu sehingga menurut saya sah-sah saja jika wanita (yang sudah cukup umur tentunya) merokok. Masalah kesehatan dan lain sebagainya merupakan tanggung jawab masing-masing orang sehingga agak aneh rasanya jika mengaitkan rokok dengan harga diri wanita.