Bagaimana Sejarah Perawatan Kesehatan Gigi?

Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang mulai menyadari pentingnya konsultasi kesehatan gigi ke dokter gigi, dari situ mereka akan tahu kondisi gigi mereka dan perawatan apa yang perlu dilakukan. Walaupun banyak yang terlihat menakutkan, tapi tak bisa disangkal kalau peralatan kedokteran gigi banyak membantu menangani masalah-masalah yang timbul di gigi. Kalau melihat proses penanganan masalah gigi sekarang, tentu tidak bisa dibayangkan seperti apakah cara orang-orang jaman dahulu merawat giginya jika ada yang sakit gigi?

Di tahun 5000 SM, bangsa Sumeria membuat kesimpulan kalau permasalahan gigi biasa disebabkan oleh cacing yang hidup di gigi, dan mereka membuat lubang di gigi untuk bersembunyi, bahkan di masa itu ada beberapa ahli kesehatan yang salah mengira syaraf sebagai cacing dan bermaksud menariknya keluar! Teori mengenai cacing yang gidup di dalam gigi dan menyebabkan sakit gigi ini berhasil dipatahkan berabad-abad jauh setelahnya, yaitu sekitar tahun 1700 Masehi.

Di kebudayaan Yunani kuno, Hippocrates dan Aristotle menyebutkan sebuat teori untuk menyembuhkan gigi yang busuk dan menghindari sakit gigi dengan mengonsumsi ekstrak gigi, cara ini dipakai hngga ke Abad Pertengahan. Yang menarik dari praktek ilmu ini di Abad Pertengahan, yang melakukan pengambilan ekstrak, dengan cara mencabut gigi menggunakan tang, bukanlah dokter gigi atau ahlikesehatan yang sah, melainkan tukang cukur. Di saat itu para tukang cukur ini dipekerjakan untuk mencabut gigi bukan untuk mencegah penyakit gigi berkembang, melainkan lebih karena mereka terbiasa menggunakan alat yang akan dipakai untuk mencabut gigi, dan bisa melakukannya dengan rasa sakit yang minim.

Di pertengahan tahun 1800-an, perawatan gigi yang benar dengan menggunakan sikat dan pasta gigi mulai dikenal, dan hampir seluruh penduduk Eropa menggunakan metode ini untuk membersihkan gigi mereka. Anehnya, Amerika Serikat tidak memakai metode ini hingga setelah masa Perang Dunia ke-II usai. Bangsa ini mengenal cara menyikat gigi Eropa ini setelah serdadu mereka kembali dari medan perang dan memperkenalkan sikat dan pasta gigi pada negara asalnya.

Menarik bukan jika menelusuri sejarah perawatan kesehatan gigi dari zaman dahulu kala, dan bukankah sekarang kita bersyukur bahwa perawatan kesehatan gigi telah modern dan praktis dengan segala alat dan teknologinya; jadi jangan takut untuk memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi ya, minimal 6 bulan sekali.

Sumber: ensiklopedia online Britannica