Bagaimana rasanya memakai gigi palsu?

Gigi palsu adalah gigi tiruan yang dapat dilepas-pasang. Terbuat dari bahan plastik atau logam yang diproduksi khusus agar sesuai gigi dan gusi asli, gigi palsu dapat memberi efek tampilan yang alami.

Saat baru pertama kali memakai gigi palsu mungkin Anda akan merasa tidak nyaman atau gigi terasa longgar. Namun setelah beberapa minggu pemakaian, otot-otot di pipi dan lidah mulai bisa beradaptasi sehingga Anda bisa terbiasa menggunakannya. Kadang-kadang juga bisa timbul luka pada dinding rongga mulut akibat gesekan bahan gigi palsu dan produksi air ludah yang terasa banyak, tapi ini semua juga akan mereda.

Rasa tidak percaya diri mungkin Anda alami ketika baru memakai gigi palsu. Namun Anda tidak perlu minder karena gigi palsu telah dirancang khusus agar menyerupai bentuk alami gigi manusia dan bahkan mungkin bisa mempercantik wajah Anda.

Pada awal-awal pemakaian juga mungkin Anda akan kesulitan melakukan aktivitas mulut seperti mungkin selama beberapa minggu pertama Anda akan tidak nyaman ketika makan menggunakan gigi palsu. Pada masa-masa adaptasi tersebut, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang empuk dengan potongan kecil dan mengunyah secara perlahan. Jika sudah mulai terbiasa dengan gigi palsu, kembali ke pola makan normal bisa dilakukan. Namun, Anda harus tetap hati-hati saat mengonsumsi makanan yang keras, tajam (seperti tulang), lengket, atau terlalu panas. Juga hindari penggunaan tusuk gigi setelah makan.

sumber: Tips Memakai Gigi Palsu dengan Nyaman - Alodokter