Bagaimana perawatan alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi lidah putih?

bagaimana perawatan alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi lidah putih?

  1. Mengonsumsi probiotik
    Ketidakseimbangan bakteri sehat di usus dapat menyebabkan sariawan di mulut dan lapisan lidah berwarna putih. Mengonsumsi suplemen dan makanan yang mengandung probiotik bisa membantu menyeimbangkan bakteri sehat di usus. Selain itu juga dapat mengobati kondisi kesehatan yang berbuhubungan dengan jamur candida penyebab oral thrush.
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa probiotik bermanfaat untuk kesehatan mulut karena dapat menghambat pertumbuhan mikroba yang tidak diinginkan. Bakteri probiotik dikaitkan dengan pencegahan radang dan pertumbuhan bakteri di lidah karena memengaruhi bakteri yang ada di dalam mulut dan respon imun.
  2. Mengonsumsi jus lidah buaya
    Lidah buaya memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antiradang. Itulah mengapa bahan ini digunakan untuk menyembuhkan infeksi, luka, luka bakar, dan iritasi kulit. Lidah buaya juga mengandung enzim yang membantu mengangkat sel-sel mati dan membantu regenerasi jaringan kulit.
    Untuk menghilangkan lapisan putih di lidah Anda, satu sendok makan jus lidah buaya yang Anda konsumsi dua sampai tiga kali sehari dapat membuat lapisannya hilang.
  3. Mengonsumsi bawang putih
    Kandungan antijamur pada bawang putih membuatnya menjadi pengobatan alami yang efektif untuk lidah putih. Penelitian menunjukkan bahwa allicin, salah satu senyawa aktif dalam bawang putih, menunjukkan efek antijamur dan mungkin sama efektifnya dengan flukonazol, obat yang digunakan untuk mengobati infeksi jamur, termasuk infeksi jamur pada mulut.
    Untuk mengobati lidah putih, terutama karena sariawan atau pertumbuhan bakteri berlebihan, ambil satu siung bawang putih mentah per hari untuk dikonsumsi atau gunakan suplemen bawang putih mentah organik.
  4. Menggunakan baking soda
    Baking soda mampu menghilangkan sisa-sisa makanan yang menyebabkan lidah putih dan menjaga kadar pH di mulut dengan menetralisir asam. Ditambah lagi, penelitian menunjukkan bahwa baking soda, atau sodium bikarbonat, memiliki aktivitas penghambatan terhadap Streptococcus mutans dalam air liur dan plak.
    Baking soda mampu menyebabkan penurunan jumlah sel bakteri di mulut secara signifikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Dows Institute for Dental Research di University of Iowa College of Dentistry.
    Anda cukup mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan jus lemon hingga bertekstur seperti pasta. Kemudian tambahkan campuran tersebut ke sikat gigi Anda, dan sikat lidah dan mulut Anda.

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/tips-mengatasi-lidah-putih/