Bagaimana peran-peran benthos?

Benthos adalah jenis – jenis organisme yang hidup di dasar perairan. Termasuk jenis tumbuhan maupun jenis hewan (zoobenthos). Apa peran yang dimiliki benthos?

Bentos mempunyai peranan penting dalam ekosistem suatu perairan. Salah satunya sebagai komponen dalam rantai makanan yakni sebagai konsumen pertama dan kedua, atau sebagai sumber makanan dari level trofik yang lebih tinggi seperti ikan. Selain itu obentos dapat membantu proses awal dekomposisi material organik di dasar perairan yang dapat mengubah material organik berukuran besar menjadi potongan yang lebih kecil sehingga mikroba lebih mudah untuk menguraikannya.

Menurut Ul Rochmana (2015), Makrozoobentos memegang beberapa peran penting di suatu perairan seperti dalam proses mineralisasi material organik yang memasuki perairan. Dan keberadaan makrozoobentos merupakan komponen biotik pada ekosistem perairan yang berpotensi mengindikasikan kondisi fisik, kimia dan biologi suatu perairan, sehingga digunakan sebagai indikator kualitas air. Status kualitas air adalah tingkat kondisi kualitas air yang menunjukkan kondisi cemar atau kondisi baik pada suatu sumber air dalam waktu tertentu dengan membandingkan dengan baku mutu air yang ditetapkan.

Referensi:

  • Putra,H., Izmiarti dan Afrizal. 2014. Komunitas Makrozoobentos di Sungai Batang Ombilin Sumatera Barat. Jurnal Biologi Universitas Andalas. 3(3) : 175-182.
  • Ul Rochmana, Alik. 2015. Keanekaragaman makrozoobentos sebagai bioindikator kualitas perairan di sungai Kaliputih Kabupaten Jember dan pemanfaatannya sebagai buku nonteks. Skripsi : Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan pendidikan Mipa Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Jember.