Bagaimana Pendapatmu Tentang Tatto?


Penggemar K-drama pasti tidak asing dengan gambar diatas. Dunia K-Drama sedang dihebohkan dengan pria bertatto kupu-kupu ini. dimana pria tersebut bersikap manis namun menghanyutkan dengan mempermainkan perasaan wanita.
Tatto merupakan sebuah seni lukis yang biasa diaplikasikan di tubuh manusia yang bersifat permanen dan temporer. ada sebagian kubu menganggap bahwa orang yang menggunakan tatto bukanlah orang yang baik. tak sedikit preman yang menggunakan tatto dan tak sedikit pula chef, artis, seniman yang menggunakan tatto.
nah, bagaimana nih pendapatmu Youdics?

1 Like

Tato memang merupakan suatu karya seni rupa yang diaplikasikan ke kulit manusia. Pembuatan tato umumnya sangat rumit, membutuhkan peralatan khusus, dan hanya dapat dibuat oleh pengrajin tato profesional agar sesuai dengan keinginan konsumen dan tentunya meminimalisir resiko kesehatan dan keamanan yang mungkin dapat timbul.

Menurut pendapatku, tato memiliki kedudukan yang setara dengan karya seni rupa lainnya seperti lukisan, foto, patung, dan sebagainya. Tato berikut dengan seniman yang membuatnya sudah selayaknya mendapatkan apresiasi yang setara dengan seniman yang lain karena membuat tato bukanlah suatu hal yang mudah atau dapat dilakukan oleh semua orang. Dibutuhkan bakat, kerja keras, komitmen, konsistensi, dan tentunya modal yang tidak sedikit untuk dapat menjadi seniman tato yang hebat.

Kita tidak boleh melakukan suatu judgement atau penghakiman bahwa tato merupakan suatu hal yang selalu buruk atau menghubungkan tato dengan hal-hal yang buruk. Memang terdapat segelintir orang yang bertato dan melakukan tindak kejahatan. Namun, hal tersebut bukanlah kesalahan dari sang tato melainkan kesalahan moral dari diri orang tersebut. Sangat banyak di luar sana orang yang bertato namun memiliki sifat dan sikap yang lebih mulia daripada orang yang tidak bertato.

Jadi, jangan nilai sifat dan sikap seseorang dari tatonya. Tato merupakan suatu karya seni yang sangat layak untuk diapresiasi seperti karya seni lainnya. Kita tidak perlu takut, memandang buruk, atau bahkan hingga mengucilkan orang yang bertato. Bahkan tato dapat dijadikan sebagai media penyampai pesan perdamaian atau pesan-pesan mulia lainnya. Jika mungkin kita dilarang bertato karena tuntutan agama, kita memang harus menghormati dan menaatinya. Namun, kita masih bisa mengapresiasi karya seni tato yang ada di diri orang lain.

1 Like

Seiring perkembangan zaman, saat ini tato menjadi salah satu cabang seni, para penato professional kini terus berkembang jumlahnya disertai dengan perkembangan alat-alat yang canggih dan juga pengerjaannya yang tepat dan higienis. Di saat perkembangannya ini tato sudah menjadi jalan inovatif sebagai pengekspresian diri seseorang.

Melalui publikasi massa, film, radio dan televisi dan juga internet, tato mengalami banyak perubahan stigma, dimana cenderung negatif berubah menjadi sebuah stigma dalam seni menggambar pada media kulit yang kini sifatnya lebih positif, batasan-batasan kognitif dan normatif tentang realitas yang diciptakan di kota dengan cepat menyebar di seluruh masyarakat (Raharjo, 2011:10).

Berdasarkan pernyataan yang sudah dijelaskan, menurutku tidak masalah dari seseorang yang memutuskan untuk menato di tubuhnya. karena mungkin bagi sebagian orang yang memutuskan untuk menato itu merupakan sebuah pelampiasan emosi, atau ya untuk mengekspresikan dirinya. Jadi, di era modern seperti saat ini tato tidak bisa lagi dikaitkan dengan suatu tindakan kejahatan yang dilakukan seseorang. Jahat atau baiknya seseorang bukan hanya dilihat dari penampilan, karena itu merupakan karakterisik dari orang tersebut. Tapi hal ini tidak bisa dibenarkan juga, karena pengaplikasian tato ke kulit memiliki berbagai resiko, khususnya pada kesehatan kulit kita.

1 Like

Menurut aku, tidak ada salahnya jika seorang memiliki tato ditubuhnya. Sama seperti pernyataan dari temen-temen di atas, tato itu merupakan karya seni yang diukir di atas kulit tubuh seseorang. Orang yang memiliki tato dengan berbagai macam bentuk dan motif pastinya memiliki pesan tersirat dibaliknya, bisa jadi meggambarkan sifat dirinya, melambangkan atau menggambarkan momen tertentu, dan lain sebagainya. Dan yang terpenting adalah memiliki tato tidak ada hubungannya dengan cerminan baik atau buruknya seseorang.

Kalau sepengetahuan saya tatto itu bebas dan siapapun boleh memakainya, tapi yang menjadi budaya tatto ini tidak baik mungkin karena banyak oknum yang berperilaku tidak baik identic dengan badan bertatto dan juga, kalau dulu orang kantoran atau orang yang bekerja dikantor itu dipandang orang yang baik, berpenghasilan dan lain-lain. Dan sistem penerimaan kerja dikantoran sepertinya karyawannya tidak boleh bertatto, sehingga sedikit banyak pemikiran tentang orang bertatto ini identic dengan orang yang bukan pekerja keras seperti pekerja kantoran.

Tapi semakin kesini banyak profesi selain kantoran yang membebaskan untuk yang mempunyai tattoo contohnya seniman dan lain-lain, sehingga tattoo ini semakin kesini menjadi hal yang lumrah dan pandangan tentang tattoo itu untuk orang yang jahat semakin memudar, karena itu banyak seniman artis yang mentatto dirinya hanya untuk kesenangan dan mereka juga bukan orang jahat.

Dan untuk orang yang ingin mentatto pasti punya motivasinya masing-masing, ada yang karena memang kesenangannya karena senang melihat badannya ada gambar kesenian yang dia inginkan, ada yang karena suatu hubungan contohnya kayaknya bimo pickypicks yang memiliki tattoo yang mirip ditangannya dan tangan istrinya, ada juga yang karena hanya iseng atau untuk ingin dipandang menyeramkan, ya itu terserah kita punya keinginan masing-masing.

Tapi sebelum mentatto kita juga harus tau dulu hal yang perlu diperhatikan sebelum mentatto tubuh, biayanya, resikonya, dan lain-lain. Sehingga nanti tidak akan menimbulkan penyesalan karena wawasan kita sendiri tentang tattoo itu masih kurang.

Hal yang perlu dipahami sebelum mentatto

7 Hal Penting Sebelum Bikin Tato untuk Pemula | Hello Sehat

Menurut Argumentasi Saya Terkait Bagaimana Pendapatmu Tentang Tatto?

gambar

1. PENGERTIAN TATTO

  • Adalah suatu tanda yang dibuat dengan memasukkan pigmen ke dalam kulit. Dalam istilah teknis, rajah adalah implantasi pigmen mikro. Rajah dapat dibuat terhadap kulit manusia atau hewan.

2. KEGUNAAN TATTO

  • Dari penelitian sederhana tersebut, respon tubuh ketika ditattoo justru kuat. Sistem imun tubuh seketika naik karena tubuh kita merasa ‘stress’ ketika ditattoo. Hal ini memang membuat tubuh infeksi dan demam dalam jangka pendek. Namun jika seseorang sudah pernah ditattoo beberapa kali, imun sistem akan makin kuat dan tak akan menemui masalah ketika tubuh akan kembali dihiasi tattoo.

  • Para peneliti melihat ada dua penyebab dibalik fenomena ini. Pertama, para penggila tattoo sama sekali tak cemas ketika dia akan ditattoo, sehingga tubuhnya tidak mengalami stress meskipun akan ‘dilukai.’ Hal ini justru membuat sistem imun mengingat.

3. ARGUMENTASI MASYARAKAT TERHADAP TATTO.

  • Penilaian tato tergantung dari situasi kondisi dan siapa yang menggunakan dibagian mana tatoan dan sebagian tidak semua bertatoan kriminal dan nakal. Mungkin sebagian pemuda/pemudi tato itu dibilang sexy keren. Keren juga bertato tapi harus simple sih selanjutnya orang yang menggunakan tato face baby itu termasuk komunikasi ramah, penampilan dan beretika itu baru yang bertato bisa dibilang keren ya. Sedangkan yang bertato mempunyai kesan diatas seperti pemain bola maka bisa juga dibilang Pria seperti Cr7 atau beckham dan ada juga pemain bola yang tidak bertato tapi keren dan sexy karena attitude. Ronaldinho adalah legenda sepak bola yang terkenal dengan skillnya dalam menari dilapangan tapi dia lebih dikenal sebagai sosok pribadi yang lembut dan cerdas , tidak sombong.

Selanjutnya dengan berkembangnya teknologi yang memuat para artis yang bertato, membuat tato menjadi tren tersendiri. Tato tidak lagi menjadi dominasi pria, tapi juga wanita. Lalu bagaimana hukum tato dalam ISLAM?

REFERENSI

Adisaputera. (2014). Makna Tato dalam Konteks Citra Diri di Kalangan Remaja. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang. Makna Tato dalam Konteks Citra Diri di Kalangan Remaja pada Komunitas Tato di Kawasan Tirto Landungsari. - UMM Institutional Repository

Andarwati, Iandesi. (2016). Citra Diri Ditinjau Dari Intensitas Penggunaan Media Jejaring Sosial Instagram Pada Siswa Kelas XI SMA N 9 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. CITRA DIRI DITINJAU DARI INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA JEJARING SOSIAL INSTAGRAM PADA SISWA KELAS XI SMA N 9 YOGYAKARTA | Andarwati | Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling

Aprilia, A. Merina Nurul Haq. (2016). Konsep Diri Mahasiswa Bertato di Bandung. JurnalSelf Concept Vol.3, No.3 Desember 2016 ISSN: 2355-9357. E-Proceeding of Management. KONSEP DIRI MAHASISWA BERTATO DI BANDUNG THE SELF CONCEPT OF TATTOOED STUDENTS IN BANDUNG - PDF Free Download

Penilaian tato tergantung dari situasi kondisi dan siapa yang menggunakan dibagian mana tatoan dan sebagian tidak semua bertatoan kriminal dan nakal. Meskipun sering dianggap preman, tapi punya tato bukan berarti kriminal. Bagi masyarakat Dayak Iban, tato adalah penanda agar dilihat oleh Tuhan. Tapi lebih baik tato itu tidak perlu digunakan karena tidak berfaedah untuk fisik tubuh dan bisa terinfeksi virus dari suntikan jarum Mungkin sebagian pemuda/pemudi tato itu dibilang sexy keren. Keren juga bertato tapi harus simple sih selanjutnya orang yang menggunakan tato face baby itu termasuk komunikasi ramah, penampilan dan beretika itu baru yang bertato bisa dibilang keren ya…

sedangkan yang bertato mempunyai kesan diatas seperti pemain bola maka bisa juga dibilang Pria seperti Cr7 atau beckham dan ada juga pemain bola yang tidak bertato tapi keren dan sexy karena attitude

ronaldinho adalah legenda sepak bola yang terkenal dengan skillnya dalam menari dilapangan tapi dia lebih dikenal sebagai sosok pribadi yang lembut dan cerdas , tidak sombong.

Selanjutnya dengan berkembangnya teknologi yang memuat para artis yang bertato, membuat tato menjadi tren tersendiri. Tato tidak lagi menjadi dominasi pria, tapi juga wanita. Lalu bagaimana hukum tato dalam Islam?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, kita harus mengerti apa yang dimaksud dengan tato terlebih dahulu.

tato adalah menusuk-nusuk anggota tubuh dengan jarum hingga berdarah.

“Tato adalah menusuk kulit dengan jarum hingga mengeluarkan darah kemudian ditaburi di atasnya dengan sejenis getah nila agar meninggalkan warna biru atau hijau sebab darah yang dihasilkan dari tusukan ke kulit dengan jarum tersebut.” 1

Kemudian, hukum membuat tato sendiri adalah haram. jumhur ulama bersepakat bahwa hukum memakai tato adalah haram. Ini berdasarkan hadits HR Bukhari, Rasulullah SAW bersabda: ”Allah melaknat orang-orang yang mentato dan yang minta untuk ditato.” Ia menjelaskan, tato dalam hukum Islam ialah haram. Tato merupakan tindakan memasukkan jarum halus dan zat-zat berwarna ke kulit. … Sebab, tato dapat merusak tubuh

tato apa yang diperbolekan dalam islam ?

yaitu tato yang tidak menusukkan jarum kedalam tubuh dan menggunakan zat pewarna yang dapat menyerap air. Tato ini biasa digunakan para wanita arab untuk berhias mereka biasa menyebutnya hyena. Hyena biasanya digunakan oleh para wanita arab untuk menghiasi jemari atau bagian tubuh