Bagaimana penanganan kanker lidah stadium 4?

bagaimana penanganan kanker lidah stadium 4?

Penanganan kanker lidah stadium 4 dilakukan dalam upaya menyembuhkan atau mengendalikan kanker selama mungkin, serta meredakan gejalanya.
Penanganan kanker lidah stadium 4 dibagi menjadi dua kategori berdasarkan ukuran dan penyebaran kanker, atau berdasarkan klasifikasinya, yakni kanker lidah stadium 4A dan stadium 4B.
Kanker lidah staidum 4A
Pada kanker lidah stadium 4A yang menyerang bagian depan lidah di mana kanker telah menyebar dan tumbuh di jaringan terdekat, penanganannya berupa operasi dan radiasi. Operasi yang dimaksud salah satunya adalah operasi pengangkatan kelenjar getah bening di leher.
Sedangkan ada kanker lidah stadium 4A yang menyerang bagian pangkal lidah, penanganannya berupa kombinasi antara kemoterapi dan terapi radiasi atau disebut juga terapi kemoradiasi. Setiap kanker yang tersisa setelah terapi ini diangkat melalui prosedur operasi. Jika kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening leher, maka diperlukan operasi pengangkatan kelenjar getah bening setelah terapi kemoradiasi.
Pilihan pengobatan akan bergantung pada letak kanker, penyebarannya, efek samping, dan status kesehatan pasien. Beberapa dokter menyarankan kemoterapi sebagai pengobatan pertama, diikuti dengan kemoradioterapi (kemoterapi dan radiasi yang diberikan bersamaan), dan kemudian dioperasi jika dibutuhkan.
Kanker lidah stadium 4B
Kanker lidah stadium 4B, di mana kanker telah menyebar ke organ tubuh lainnya, dapat ditangani dengan tindakan operasi, ditambah terapi radiasi dan kemoterapi untuk meningkatkan ketahanan hidup dan kualitas hidup penderita.
Untuk mencegah terjadinya kanker lidah, disarankan untuk tidak merokok atau menggunakan tembakau kunyah, batasi konsumsi minuman beralkohol, hindari berhubungan seks oral dengan berganti pasangan, dan rutin memeriksakan kondisi kesehatan mulut anda ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait tahapan kanker lidah dan penanganannya, Anda bisa langsung berkonsultasi ke dokter untuk melakukan konsultasi terkait kanker.