Bagaimana manfaat cengkeh bagi kesehatan gigi?

Cengkeh selain aktif sebagai salah satu cara memperbaiki gigi berlubang di depan juga bisa menjadi salah satu pereda nyeri yang alami dimana ini merupakan efek dari kandungan eugenol yang dimilikinya. Bahkan keluhan dari penyakit gigi yang sering di keluhkan berupa nyeri di gigi ini bisa anda atasi dengan menggunakan cengkeh.

Berikut penjabaran tentang manfaat cengkeh untuk gigi:

  1. Meredakan Rasa Nyeri Gigi
    Seperti yang di jelaskan di atas bhwa cengkeh memiliki kandungan zat aktif yang ampuh dalam meredakan dan mengatasi keluhan nyeri. Bahkan sebagian besar masyarakat di Indonesia telah menggunakan cengkeh semenjak dahulu sebagai salah satu alternatif dalam mengurangi dan mengatasi keluhan nyeri selama melakukan prosedur perawatan gigi. Bahkan jika timbul sebuah komplikasi yang dinamai dengan dry socket, ini merupakan komplikasi yang terjadi ketika anda selesai melakukan prosedur pencabutan gigi. Penggunaannya mudah anda hanya tinggal melakukan pengolesan di bagian gusi. Sisa sisa makanan yang masih menempel di bagian gigi ini akan menjadi sumber masalah bagi gigi yang sebaiknya anda atasi.

  2. Pengobatan Gigi Alternatif
    Seperti yang telah di jabarkan di atas bahwa tentunya anda bisa menggunakan cengkeh jika gigi anda terasa nyeri muapun terasa sakit. Karena cengkeh akan membantu meredakan nyeri maupun rasa sakit tersebut. Anda hanya perlu menghaluskan cengkeh yang telah di bersihkan dan mengambil minyaknya dengan menggunakan cotton bud bersih maupun kapas kemudian oleskan ke bagian gigi yang sakit dan gusi di sekitarnya. Setelah itu anda juga bisa melakukan perawatan lanjutan seperti berkumur menggunakan air garam, lakukan penggosokan gigi secara teratur agar bakteri penyebab sakit dan nyeri gigi tidak berkembang biak dengan baik dan rutin mengoleskan minyak dari cengkeh ini.

  3. Menguatkan Gigi
    Menggunakan cengkeh merupakan salah satu cara memperkuat gigi yang keropos, dimana beberapa faktor akan menyebabkan gigi semakin melemah dan keropos apalagi masalah faktor usia lanjut. Cara menggunakan ramuan cengkeh ini untuk menguatkan gigi adalah dengan rutin meminum air rebusan cenkeh di setiap pagi. Karena faktor usia akan menyebabkan gigi anda kian merapuh dan mudah keropos, tentunya ini akan menimbulkan beragam masalah bagi anda jika tidak di tangani dengan baik, oleh karena itu sangat penting sekali anda agar tetap manjaga dan memelihara kesehatan gigi denganbaik. Anda akan sangat kesulitan dalam mengunyah dan mencerna makanan tertentu ketika gigi anda tidak terawat dengan baik mudah keropos dan goyah. Bahkan gigi yang tidak kuat akan membuat rasa nyeri yang dikarenakan letak syaraf gigi yang mudah bergeser.

  4. Alternatif Pengobatan Gigi Berlubang
    Gigi berlubang bukan hanya maslaah umum yang menimpa anak anak, buktinya banyak orang dewasa dan tentu saja lansia mengalami masalah gigi yang satu ini. Karena adanya gigi berlubang akan menyebabkan rasa sakit dan rasa nyeri ketika anda tanpa sengaja mengunyah makanan pada bagian gigi berlubang tersebut. Namun jangan khawatir, anda bisa melakukan alternatif pengobatan untuk mengatasi gigi berlubang hanya dengan menggunakan cengkeh. Campurkan air hangat dengan tumbukan halus cengkeh yang telah di bersihkan sebelumnya. Dan gunakan ramuan tradisional ini sebagai obat kumur bagi anda yang mengalami maslah gigi berlubang.

sumber: https://halogigi.com/