Bagaimana jika terlanjut menggunakan tindik lidah snake eyes?

Meskipun secara umum tindik lidah aman, ada satu jenis tindikan lidah yang berbahaya, yaitu snake eyes. Tindikan ini berbentuk mirip seperti barbel besi. Kedua ujungnya berbentuk bundar. Untuk memasang tindikan ini, lidah akan dilubangi hingga menembus sisi satunya dengan jarum khusus. Kemudian, batang barbel akan dimasukkan ke dalam lubang tersebut.

Australian Medical Association, seperti diberitakan news.com.au, menyebut bahwa tindik di bagian tubuh tertentu memang menyimpan bahaya. Tindik lidah, khususnya snake eyes, bisa memicu komplikasi jangka pendek maupun panjang.

TJ Cantwell, pemilik Studio 88 di New York menyebut tindik lidah semacam itu sangat tidak aman. Model tindik yang dimaksud adalah tindik yang menusuk lidah secara horisontal melintasi kedua sisi lidah.

Kalau Anda sudah terlanjur tindik snake eyes, pastikan Anda merawat tindikan Anda dengan hati-hati. Anda harus rajin kumur dengan larutan air garam untuk mencegah bakteri atau objek asing terjebak di tindikan Anda. Untuk menjaga gusi dan gigi, jangan lupa untuk selalu menyikat gigi dan rajin periksa ke dokter gigi.

Kalau Anda mengalami infeksi, perdarahan, reaksi alergi, atau pembengkakan, segera hubungi dokter atau layanan kesehatan darurat.