Bagaimana ciri - ciri Kutu Jangkar pada ikan Koi dan bagaimana cara mengobatinya?

Penyakit kutu jangkar atau kutu jarum pada koi sering menyerang sebagai parasit. Sebenarnya, jenis parasit kutu jangkar adalah termasuk dalam species udang-udangan. Biasanya, kutu jangkar membenanmkan dirinya ke bawah sisik ikan koi.

Ciri-ciri ikan koi yang terkena kutu jarum
Karena terasa gatal, ikan koi sering meloncat ke atas permukaan air, dan tampak sering menggesekkan tubuhnya ke dasar dan dinding kolam. Kutu jarum melekatkan dirinya pada tubuh ikan koi, kadang di mata, insang, sirip, badan, dan bagian tubuh ikan koi lainnya. Ia menancapkan sejenis alat khusus layaknya jangkar, yang menembus jaringan otot ikan. Jika menyerang insang, ini menyebabkan ikan sulit bernapas dan dapat mengakibatkan kematian. Terdapat luka yang bisa menimbulkan infeksi bakteri.

Cara mengobati dan mengatasi kutu jangkar pada ikan koi
Cara mengatasi kutu jangkar dilakukan secara manual. Yaitu dengan mencabut kutu jangkar dengan menggunakan pinset. Jadi, kita harus menangkap ikan koi yang terindikasi terkena kutu jangkar, memeriksanya, lalu mengangkat kutu jangkar. Luka yang ditimbulkan oleh kutu jangkar dapat kita olesi obat merah atau betadine agar tidak terjadi infeksi. Untuk ikan koi yang sudah terjangkit kutu jarum secara merata pada seluruh tubuhnya, anda bisa menggunakan larutan formalin atau dephterex.

Gunakan konsentrasi larutan 25 ppm (part per million). Rendam ikan koi dalam larutan tersebut selama kurang lebih 10 menit. Ulangi perendaman ikan koi dalam larutan 2 hari sekali, sampai ikan koi benar-benar sembuh.