Bagaimana Cara Produsen Bikin Kamu Ketagihan Sama Produknya?

ketagihan
Sebagai manusia yang normal, tentunya banyak sekali kebutuhan dan keinginan yang ingin kita penuhi dalam hidup ini. Sifat manusia yang tidak pernah puas juga menjadi faktor bahwa kita harus selalu mengonsumsi produk untuk mencapai kepuasan tertentu. Setiap hari, setidaknya ada satu produk yang kita konsumsi, terlepas itu dari produk barang ataupun jasa. Hingga pada suatu titik tertentu, seseorang akan rela menghabiskan sebagian uangnya untuk bisa mengonsumsi suatu produk secara berkala dan terus menerus untuk bisa memperoleh tingkat kepuasan tertentu. Contohnya seperti langganan bulanan Netflix, pembelian rokok, ketagihan junk food tertentu, belanja online rutin, penggunaan media sosial seperti YouTube, Instagram, dan masih banyak lagi. Hal inilah yang menjadi peluang bagi produsen barang ataupun jasa untuk bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat dari penjualan produknya.

Menurut kalian dari sudut pandang konsumen, gimana sih cara produsen bikin kalian bisa ketagihan menggunakan atau mengonsumsi produk mereka? Apa ada tips dari kalian untuk bisa gak ketagihan? Silakan tuliskan dibawah!

Sumber gambar

Inilah Alasannya Kita Ketagihan Makan Sekalipun Tidak Lapar - NTD Indonesia

1 Like

Memang pada dasarnya tujuan kita dalam mengonsumsi sesuatu adalah untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan diri. Dari situ dapat kita pahami jika kita kurang puas terhadap apa yang kita konsumsi, maka kita cenderung tidak akan mengonsumsi produk itu kembali dan beralih ke produk lainnya. Namun jika kita merasa puas terhadap suatu produk karena dapat memenuhi kebutuhan kita, maka kita sebagai seorang konsumen cenderung akan melakukan konsumsi ulang atau membeli kembali yang dikenal dengan istilah repeat order . Nah, proses repeat order inilah yang dapat berpeluang menimbulkan ketagihan jika kita melakukannya secara terus-menerus.

Produsen tentunya telah melakukan suatu riset terhadap produknya agar sesuai dengan permintaan konsumen. Memang kebutuhan setiap konsumen itu berbeda-beda sehingga terciptalah segmentasi pasar atau kepada siapa produk tersebut di jual.

Kebutuhan generasi muda memang ga jauh dari hal di atas sehingga jenis produk tersebut memiliki segmentasi pasar para generasi muda. Hal itulah yang menjadi cara produsen membuat kita ketagihan sama produknya, yaitu dengan ketepatan segmentasi pasar yang sesuai dengan kebutuhan kita. Tentunya hal tersebut wajib diiringi dengan kualitas yang harus sesuai juga dengan kebutuhan kita.

Aku memiliki prinsip apapun yang dilakukan secara berlebihan itu selalu kurang baik buat diri kita sendiri, termasuk ketagihan mengonsumsi sesuatu. Oleh karena itu, caraku buat ga terlalu ketagihan mengonsumsi sesuatu adalah:

  1. Menyadarkan diri sendiri bahwa ketagihan itu adalah masalah yang dampaknya kurang baik buat aku atau menentukan tujuan dari program ini
  2. Mengurangi atau bahkan menghentikan konsumsi produk tersebut dan menjauhinya
  3. Mengalihkan perhatian ke hal lain yang lebih positif atau mengubah gaya hidup
  4. Komitmen dan konsisten dalam melakukan program ini
Sumber

Herdyanto, A. (2020, 19 Oktober). 8 Tips Menghentikan Kecanduan Apapun, Memang Butuh Proses. Diakses pada 2 Agustus 2021, dari 8 Tips Menghentikan Kecanduan Apapun, Memang Butuh Proses.

Rossa, V. (2021, 5 Februari). Suka Berlebihan, Ini 7 Cara Mengatasi Kecanduan. Diakses pada 2 Agustus 2021, dari Suka Berlebihan, Ini 7 Cara Mengatasi Kecanduan.

1 Like