Bagaimana cara merawat email gigi?

Email gigi adalah lapisan terluar yang berfungsi sebagai pelindung gigi. Jika, email gigi mulai terkikis maka ini yang disebut lubang kecil. Mungkin, Moms masih belum sadar kalau awal terjadinya lubang gigi adalah melarutnya mineral pada lapisan email gigi yang disebabkan karena asam yang dihasil metabolisme dari bakteri. Jika, setitik saja lapisan mulai keropos maka inilah yang disebut email gigi mulai rusak. Kondisi lubang-lubang kecil di lapisan terluar akan merambah ke gigi-gigi lainnya dengan mudah, karena bakteri yang memasuki lapisan gigi akan berkembang. Oleh karena itu, salah satu strategi untuk mencegah gigi berlubang adalah memperkuat lapisan email gigi supaya tidak mudah keropos. Bagaimana caranya?

Perhatikan Makanan Yang Kita Konsumsi
Pertama, Moms harus memperhatikan pola makan yang Anda dan keluarga konsumsi. Coba Moms hindari makanan yang lengket dan terlalu manis karena makanan jenis ini akan merekat di gigi dan lebih sulit dibersihkan. Minuman dan makanan kemasan biasanya sangat banyak mengandung gula dan pemanis buatan, maka mulai dari sekarang Mom harus menghindari konsumsi kadar yang berlebihan pada makanan dan minuman ini.

Sikat Gigi dengan Teratur
Cara menjaga kebersihan gigi luar dan dalam tentunya melibatkan penyikatan gigi yang teratur dan benar, namun cara sikat gigi yang salah justru jadi penyebab utama rusaknya email gigi. Seperti kesalahan penekananan saat menyikat gigi yang berlebihan, cara yang benar dengan menggerakkan sikat ke arah gusi ke gigi secara pelan-pelan, lalu sedikit memutar mengikuti bentuk gusi. Bagian leher gigi yang berbatasan dengan gusi pun harus ikut tersikat, karena daerah inilah yang menjadi pangkal tempat menumpuknya plak gigi.

Pemilihan Pasta Gigi
Selain memperhatikan makanan dan cara menyikat gigi, memilih pasta gigi pun sangat penting untuk merawat email gigi.