Bagaimana cara menjaga kesehatan mulut dengan perawatan gigi dirumah?

http://puskesmaspasarrebo.com/puskesmaskelurahanbaru/assets/upload/image/gigi.jpg

bagaimana cara menjaga kesehatan mulut dengan perawatan gigi dirumah?

Tak hanya dengan obat bau mulut, masalah bau mulut juga bisa diatasi dengan menerapkan gaya hidup sehat, serta beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.
Rutin menyikat gigi dua kali sehari atau setiap setelah makan dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Jangan lupa untuk menyikat lidah Anda dengan sikat khusus lidah.
Hindari kondisi mulut kering dengan meminum banyak cairan seperti air putih atau jus buah. Hindari mengonsumsi minuman mengandung kafein, minuman ringan, atau pun minuman beralkohol karena akan membuat mulut semakin kering. Ganti kebiasaan merokok Anda dengan mengunyah permen hisap atau pun permen karet, terutama yang tidak mengandung gula. Kebiasaan ini juga berfungsi untuk merangsang keluarnya air liur, sehingga mulut tidak kering.
Hindari makanan yang dapat menyebabkan bau mulut seperti bawang merah, bawang putih, serta makanan yang banyak mengandung gula.
Hindari menyikat gigi minimal 30 menit setelah minum minuman asam atau mengonsumsi buah yang asam. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya abrasi gigi.
Jika berbagai pilihan obat bau mulut dan cara-cara sederhana di atas tidak berhasil, segera konsultasi pada dokter. Anda juga disarankan melakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin ke dokter gigi, setidaknya dua kali dalam setahun untuk membersihkan plak dan karang gigi. Dan ingat, ganti sikat gigi Anda setiap tiga sampai empat bulan sekali.