Bagaimana cara menjaga kesehatan gigi saat berpuasa?

bagaimana cara menjaga kesehatan gigi saat berpuasa?

Cara menjaga kesehatan sepanjang puasa ramadhan berlangsung sangatlah dianjurkan karena selama berpuasa kita tidak makan dan minum apapun dan produksi air liurpun ikut berkurang.

Oleh sebab itu dengan cara menjaga kesehatan mulut, beberapa masalah yang timbul seperti sariawan, bau mulut, radang tenggorokan ataupun masalah yang lainnya dapat diatasi dengan mudah ketika berpuasa.

Pada saat puasa sering kali bermasalah dengan yang namanya bau mulut. Selain berusaha mengatasi bau mulut saat puasa maka kesehatan mulut juga harus di jaga. Sebab pada mulut yang sehat akan mengakibatkan puasa Anda berjalan secara lancar tanpa ada gangguan.

Dalam menjaga kesehatan mulut saat berpuasa adalah sebenarnya sama dengan mengatasi mulut pada hari-hari biasanya. Akan tetapi kesehatan mulut pada umumnya yaitu disekitaran mulut secara keseluruhan. Oleh karena itu akan dijelaskan tips-tips menjaga kesehatan mulut.

1.Teratur dalam menyikat gigi
Pada saat berpuasa menyikat gigi adalah pada saat setelah sahur dan menjelang akan tidur di malam hari. Anda dapat mengusahakan menggosok gigi pada dua waktu tersebut, sehingga dapat menjaga kesehatan mulut Anda serta gigi Anda pada saat berpuasa.
Menggosok gigi dengan cara ini adalah sangat efektif, sebab menyikat gigi berguna untuk menghilangkan plak, selain itu mencegah sariawan serta dapat menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan masalah bau mulut.

2.Membersihkan lidah
Lidah adalah tempat dimana berkumpulnya bakteri. Oleh sebab itu menyikat gigi tanpa membersihkan lidah adalah percuma. Hal ini disebabkan bakteri dapat berpindah secara langsung dari gigi ke lidah. Sehingga membersihkan lidah juga harus diperhatikan,Cara menjaga kesehatan sepanjang puasa ramadhan berlangsung juga salah satunya menjaga kebersihan lidah dengan menggunakan alat pembersih lidah. Alat ini adalah sangat penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan mulut terutama saat puasa.

3.Hindari merokok
Jika Anda ingin benar-benar ingin menjaga kesehatan mulut maka Anda harus menghindari merokok. Selain rokok sebagai pemicu dalam masalah penyakit juga sebagai pemicu kesehatan dalam mulut.
Akibatnya jika Anda sering merokok, maka akan membentuk noda pada gigi Anda dan jadi kanker mulut.

4.Menggunakan obat kumur
Cara yang dapat digunakan yaitu dengan cara menggunakan obat kumur. Hal ini tidak wajib dilakukan, sebab jika Anda mempunyai masalah kesehatan mulut maka Anda tak ada salahnya untuk menggunakan obat kumur ini.
Obat kumur ini dapat mencegah tumbuhnya bakteri yang telah berkembang di dalam mulut. Sehingga dapat menimbulkan plak hitam pada gigi dan juga karang pada gigi.

http://www.arwini.com/cara-menjaga-kesehatan-mulut-sepanjang-puasa-ramadhan-berlangsung/