Bagaimana cara menjadi orang yang cerdas dan berwawasan luas?

image
Kita tentu tahu, banyak sekali tokoh-tokoh besar yang berhasil melakukan penemuan hebat di dalam hidup yang terbukti sangat bermanfaat untuk kehidupan saat ini. Mulai dari penemuan yang paling sederhana hingga dengan yang paling komplit, semuanya bisa dilakukan atas dasar kemampuan otak yang baik. Menurutmu bagaimana menjadi orang yang berwawasan luas?

Menurut saya cara menambah wawasan kita salah satunya adalah dengan banyak membaca buku dan literatur yang menurut kita menarik dan akan bermanfaat bagi kita, selanjutnya kita juga dapat melakukan diskusi dengan teman atau orang lain yang kita kenal mengenai materi yang telah kita baca dan pelajari tersebut. Tujuannya adalah agar kita dapat menggali lebih dalam mengenai topik yang telah kita pelajari, terlebih lagi bisa kita bagikan dan ajarkan kepada orang lain, sehingga tidak hanya berhenti pada diri kita saja.

menurutku menjadi orang yang berwawasan luas bisa dengan cara berani mengambil risiko dan tindakan. karena para ilmuwan dengan berbagai temuannya melakukan tindakan yang out of the box yang jarang dilakukan oleh orang dan berani akan risiko yang ditanggungnya. meng-explore hal baru agar mengetahui hal yang baru dan belum ditemukan juga mencatat hal-hal baru tersebut untuk dijadikan bahan diskusi taupun bahan perbandingan untuk menjadi paten. untuk dimasa sekarang kita bisa berwawasan luas dengan referensi yang telah ada dari para ilmuwan tersebut. ada istilah bahwa membaca adalah jendela dunia dan aku sangat-sangat mengakui akan hal itu. tapi, dengan kemanjuan teknologi saat ini, sumber referensi kita untuk bisa berwawasan luas tidak hanya buku. sangat banyak video interaktif tentang berbagai pengetahuan yang bisa dijadikan bahan pembelajaran. semua tergantung kita dalam menggunakan teknologi, apakah bijak atau tidak.

menurut saya pribadi untuk menjadi orang yang cerdas yaitu banyak banyak membaca atau banyak mencari tau, kalau kata orang dulu tu haus akan ilmu, nah otomatis orang yang haus akan mencari minum nah jika haus ilmu akan mencari beberapa sumber bab yang bisa dibaca, dan dari saya pribadi cara agar menjadi orang yang berwawasan luas dengan cara memberbanyak pengalaman dalam hal apapun, dengan meningkatkan rasa ingin tau dan juga berani ambil resiko, atau juga bisa dengan memperbanyak pengalaman magang dan berorganisasi

Menurut saya pribadi, cara menjadi orang yang cerdas dan berwawasan luas yaitu dengan sering untuk membaca buku ataupun artikel yang belum pernah kita baca sebelumnya. Lebih penasaran ataupun ingin lebih tau ingin sesuatu akan segala hal yang terlintas di pikiran kita. Hal lain yang bisa dilakukan yaitu dengan berdiskusi sesama teman atau dengan memperbanyak mengikuti organisasi dan seminar penting dikampus atau diluar kampus.