Bagaimana cara mengobati kelainan gigi fusion?

Gigi merupakan salah satu organ yang sangat penting di dalam kehidupan manusia. Oleh sebab itulah perawatan gigi harus dilakukan sejak gigi pertama muncul.

Pengobatan atau penanganan pada kelainan gigi ini melibatkan berbagai bidang kedokteran gigi, sehingga perawatannya dapat berfariasi tergantung pada lokasi perluasannya. Dokter gigi yang terlibat di dalam perawatan kelainan ini antara lain, dokter gigi spesialis struktur mulut (periodonti), spsialis keharmonisan gigi (ortodonti), dan dokter gigi spesialis pencegahan dan penaggulangan karies serta masalah estetika gigi (konservasi). (Anda dapat menambah wawasan dengan membaca artikel terkait tentang perbedaan dokter gigi dan ortodonti).

Perawatan yang dapat dilakukan antara lain:

  • Pemeriksaaan awal berupa pemeriksaan klinis dan radiologi.
  • Pemeriksaan CT-Scan, dilakukan untuk melihat keadaan akar dan ruang pulpa. Lokasi tepatnya pada rongga dibawah lapisan dentin yang berada diantara lapisan pelindung dan akar gigi.
  • Perawatan selanjutnya dapat berupa penambalan pada garis pertemuan mahkota gigi. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya karies pada area tersebut.

Selain itu dapat dilakukan pemisahan gigi yang disertai restorasi alternatif atau fisur silen.
Tindakan pemisahan gigi dapat disertai pembedahan gigi supernumerary, periodontal, endodonsi, ortodonsi, bahkan pencabutan gigi atau ekstraksi disertai perawatan prostetik.

sumber: https://halogigi.com