Bagaimana cara mengobati gusi bernanah?

http://www.netralnews.com/foto/2018/01/18/759-sakit_gusi_parah_salah_satu_jenis_kanker_yang_paling_mematikan.jpg

bagaimana cara mengobati gusi bernanah?

Pengobatan yang diperlukan jika Anda memiliki gusi bernanah adalah segera hubungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Dokter gigi juga mungkin akan memberikan obat penghilang rasa nyeri dan antibiotik.

  1. Drainase abses
    Nanah yang muncul harus disayat supaya terbuka sehingga nanah yang mengandung bakteri bisa keluar dan kering. Untuk prosedur ini, Anda mungkin diberikan bius lokal.
  2. Perawatan akar kanal gigi
    Perawatan saluran akar kanal gigi dilakukan jika infeksi disebabkan dari gigi yang berlubang atau kematian gigi. Gigi yang mati akan dilubangi agar nanahnya bisa kelar. Jaringan yang rusak akan disingkirkan dari pulpa gigi. Kemudian untuk mencegah infeksi, bagian yang berlubang akan ditambal.
    Nanah pun akan mengering dan lubang dibersihkan. Permukaan akar gigi akan dihaluskan dengan scaling di bawah tepi gusi. Hal ini akan membantu penyembuhan gigi dan mencegah infeksi.
  3. Mencabut gigi yang terinfeksi
    Ini dilakukan jika perawatan akar kanal gigi tidak berhasil. Atau jika gigi telah mengalami pembusukan dan rusak, sehingga perlu dilakukan pencabutan gigi.
  4. Obat penghilang rasa sakit
    Obat penghilang rasa sakit dapat membantu mengurangi rasa sakit saat seseorang sedang menunggu perawatan. Obat penghilang rasa sakit hanya ada untuk mengurangi rasa sakit dan tidak bisa menggantikan kunjungan ke dokter gigi.
    Aspirin, ibuprofen, atau paracetamol adalah obat penghilang rasa sakit yang efektif. Namun, ada beberapa aturan dalam mengonsumsi obat-obatan tersebut.
    Jika memiliki (atau punya riwayat) asma dan maag, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi ibuprofen.
    Anak di bawah usia 16 tahun dan wanita hamil atau sedang menyusui tidak dibolehkan mengonsumsi aspirin.
    Konsumsi obat penghilang rasa sakit ini harus sesuai anjuran dari dokter gigi Anda.
  5. Antibiotik
    Dokter gigi mungkin akan memberikan antibiotik untuk mencegah penyebaran infeksi dan dapat dikonsumsi bersamaan dengan obat penghilang rasa sakit. Namun, ini bukan merupakan pengobatan untuk menuntaskan gusi bernanah, hanya dapat mengurangi efek dan penyebaran infeksi. Konsumsi antibiotik sesuai anjuran dari dokter Anda.