Bagaimana cara menghibur orang yang sedang stress?

stress

Saya ingin belajar untuk menghibur seseorang yang sedang stress. Saya ingin menjadi pembawa kebahagiaan untuk mereka yang sedang terluka. terimakasih.

Berikut beberapa tips yan dapat anda gunakan untuk meghibur orang yang sedang stress :

  1. Beri dia segelas air putih. karena dapat menenangkan sejenak fikirannya

  2. Jangan paksa dia untuk bercerita atau menceritakan apa yang di alami nya .

  3. Tinggalkan dia sendirian sebentar, barang 2-3 menit.

  4. Temui dia kembali dan ajak ke tempat yang mampu menenangkan fikirannya. ke taman atau tempat wisata.

  5. Jangan berkata yang tidak-tidak atau menyinggung perasaannya.

  6. Katakan “tidak apa apa kok pak… semua orang punya masalah”

  7. Anda harus memulai mencurahkan hisi hati anda. yang ada sangkut pautnya dengan kejadian yang dia alami.

  8. Dia pasti akan mengikuti anda (mencurahkan isi hatinya). jika belum. katakan “tadi bapak kenapa? sepertinya ada yang ingin bapak katakan”

  9. Jika dia berkata “tidak” jangan paksa dia.

  10. Katakan "setiap orang punya masalah, bukan bapak saja, jadi bapak tidak boleh sedih… tunjukan kalau bapak kuat… kalau terus seperti ini nanti orang suka menggosip

Apabila anda tau bahwa teman anda sedang dalam kondisi stres, segera hubungi teman Anda, temui mereka secara langsung, atau lakukan video call dengannya. Bicara sepenuh hati dan dengarkan apa yang harus mereka katakan. Pada dasarnya setiap orang akan suka apabila dia merasa diinginkan. Mereka ingin tahu bahwa seseorang, di suatu tempat, merasakan apa yang dia rasakan.

Jika teman anda tampaknya benar-benar stres, Anda dapat mencoba melakukan beberapa hal ini :

  • Jangan tanyakan alasan kenapa dia stres berulang kali

    Kenapa anda tidak boleh melakukan hal itu ? Karena itu adalah hidup mereka. Bahkan jika Anda ingin menjadi bagian dari mereka, ingatlah bahwa terdapat beberapa hal yang benar-benar bersifta pribadi dan mereka mungkin tidak ingin membaginya dengan siapa pun. Tanya mereka sekali, dan tutup mulut anda jika mereka tidak menjawab. Anda tidak harus memaksa mereka untuk menceritakannya.

    Jika Anda benar-benar ingin mendengar jawaban lengkap dari mereka, cukup diam setelah mereka menjawab dan mereka akan mulai berbicara tentang topik itu lagi. Penelitian menunjukkan bahwa mereka bahkan mungkin mengungkapkan lebih banyak info daripada anda “memaksa” menceritakan alasan kenapa dia stress ketika pertama bertemu.

  • Bawa teman anda jalan-jalan

    Jika Anda tinggal di tempat tertentu dalam waktu yang lama, Anda akan mulai merasa terperangkap, perasaan terperangkap ini juga dapat membuat Anda berada di zona depresi yang berbahaya itu. Jika Anda merasakan hal yang sama terjadi pada teman Anda, keluarkan mereka dari tempat itu dan ajak dia untuk jalan-jalan.

    Pergi menonton film dengan mereka. Atau lakukan apa pun yang membuat mereka bahagia, meskipun Anda tidak suka melakukannya. Itu akan membuat mereka merasa hidup kembali, dan begitu mereka merasakan hal yang sama, mereka akan dapat menangani situasi dengan lebih baik.

  • Motivasi dia

    Motivasi dia agar mereka merasa nyaman dengan diri mereka sendiri. Jangan membuat mereka putus asa dengan mengatakan hal-hal yang tidak dapat memotivasinya. Terkadang hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah memberi tahu mereka untuk tidak memikirkannya, tidak membayangkan dan tidak terobsesi dengan kondisi tersebut. “Bernapaslah dan percaya bahwa semuanya akan berjalan dengan baik jika dia berusaha untuk memperbaikinya” adalah sebuah motivasi yang sangat luar biasa bagi teman anda.

  • Cintai mereka & beri mereka hal-hal yang mereka sukai

    Cintai mereka & beri tahu kepada mereka bahwa Anda selalu bersama mereka, apa pun yang terjadi. Belikan mereka makanan yang mereka sukai. Dan ingatkan kepada mereka bahwa mereka berharga bagi Anda.