Bagaimana cara menggunakan mouthwash yang tepat?

http://www.netralnews.com/foto/2017/09/01/298-ilustrasi_penggunaan_mouthwashdokoakhillsdentistry.jpg

bagaimana cara menggunakan mouthwash yang tepat?

Setiap produk mouthwash memiliki instruksi penggunaannya masing-masing, pastikan mengikuti anjuran sesuai pada kemasan produk. Umumnya, mouthwash digunakan dua kali pada pagi dan malam hari, terutama setelah menyikat gigi. Namun tidak masalah jika menggunakannya sebelum atau sesudah menyikat gigi. Ajarkan pada keluarga terdekat tentang cara menggunakan mouthwash dengan berkumur-kumur hingga ke ujung tenggorokan selama 30 hingga 60 detik. Umumnya, terdapat gelas takar pada setiap produk mouthwash seukuran kurang lebih 20 ml atau setara 4 sendok teh penuh yang dapat digunakan sekali pakai. Hindari menggunakan lebih dari takaran ini kecuali direkomendasikan dokter.

Selain menggosok gigi dan menggunakan obat kumur, penting untuk memiliki gaya hidup seimbang dan pola makan yang baik agar kesehatan gigi dan mulut turut terjaga. Untuk hasil yang maksimal dan bertahan lama, dianjurkan untuk rutin dan teratur menjaga kebersihan rongga mulut, perbanyak konsumsi air putih, batasi konsumsi kopi, teh dan soda, serta hindari minuman beralkohol dan rokok. Jangan lupa untuk memeriksakan dan membersihkan gigi ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali.

Kendati memiliki banyak manfaat, mouthwash bukanlah solusi untuk menyembuhkan masalah gigi dan mulut yang serius. Jika mengalami pendarahan pada gusi serta bau mulut yang tidak kunjung hilang, maka segeralah ke dokter gigi untuk mendapatkan evaluasi medis serta penanganan lebih intensif.