Bagaimana cara mengatasi perubahan warna gigi setelah terbentur?

06-BERBAGI 10

Perubahan warna gigi bisa terjadi karena satu dan lain hal, lalu bagaimana cara mengatasi perubahan warna gigi setelah terbentur?

Gigi tersusun atas berbagai lapisan, mulai dari email, dentin, hingga yang terdalam, yakni pulpa (akar gigi). Pada pulpa ini, terdapat banyak pembuluh darah yang fungsinya menutrisi bagian gigi lainnya, sehingga tetap kokoh dan berfungsi dengan baik.

Gigi yang menghitam pasca mengalami benturan kemungkinan menandakan kerusakan pada akar gigi. Hal ini dimungkinkan terjadi apabila benturan yang Anda alami sebelumnya cukup keras. Akibatnya, pembuluh darah yang berfungsi mensuplai nutrisi pada gigi menjadi rusak dan gigi pun mati. Kerap kali, gigi yang mati ini awalnya akan mengalami nyeri, namun lama kelamaan ia bisa tidak mamu lagi merasakan sensasi. Bisa juga, gigi yang mati ini pada akhirnya akan goyang, lalu tanggal.

Di samping karena cidera akibat benturan, bisa juga gigi menghitam akibat adanya sebab lain, misalnya karies (lubang pada gigi), kebiasaan merokok, karang gigi, dan sebagainya.

Bila benar keluhan Anda terjadi akibat gigi yang mati pasca cidera, karena fungsinya yang tidak lagi sempurna, maka pada umumnya dokter akan mencabut gigi tersebut. Selanjutnya, guna mengisi kekosongan pada celah antar gigi, bisa dilakukan implant, yakni penanaman gigi palsu. Akan tetapi, untuk menentukan penanganan terbaik, Anda disarankan memeriksakan diri secara langsung ke dokter gigi