Bagaimana cara mengatasi mual dan muntah saat menyikat gigi?

Menyikat gigi adalah salah cara untuk membersihkan gigi dan mulut. Dengan rajin menyikat gigi, kumat di dalam mulut tidak akan tumbuh sehingga infeksi seperti seriawan, gusi bengkak, atau gangguan mulut lain tidak terjadi dan menyebabkan penyakit yang lebih parah. Meski menyikat gigi sangat bermanfaat, beberapa orang tidak bisa melakukan aktivitas ini karena sering muntah. Saat sikat gigit masuk ke dalam mulut dan menyentuh rongganya, rangsangan untuk muntah atau mual akan terjadi. Akhirnya, sikat gigi yang penting ini jadi diabaikan atau dilakukan sesekali. Bagaimana cara mengatasi mual dan muntah saat menyikat gigi?

Untuk mengatasi muntah yang terjadi setiap menyikat gigi, Anda bisa melakukan beberapa latihan. Pertama, buka mulut dan angkat lidah hingga ke belakang dan menyentuh langit-langit. Lakukan hal ini berulang-ulang agar tubuh menganggap sesuatu yang masuk ke mulut adalah hal yang biasa.

Latihan kedua bisa dilakukan dengan mencari bagian di dalam rongga mulut yang sensitif. Anda bisa menyentuhnya dengan jari atau lidah untuk mengetahui dampaknya dan tingkat kesensitifannya. Dengan mengetahui bagian-bagian ini, Anda bisa mengakali saat menyikat gigi, misal tidak menyentuh bagian yang membuat mual dan muntah kerap terjadi atau terpicu.

Sumber: http://doktersehat.com/cara-agar-tidak-mudah-muntah-saat-menyikat-gigi/