Bagaimana cara mengatasi lidah putih?

bagaimana cara mengatasi lidah putih?

Lidah putih umumnya tidak perlu diobati. Biasanya gejala akan hilang dengan sendirinya. Beberapa cara ini bisa Anda lakukan untuk mengatasinya, yaitu:
Menyikatnya secara lembut menggunakan bulu sikat yang lembut.
Menggunakan pembersih lidah khusus.
Minum banyak air juga dapat membantu menghilangkan bakteri dan sisa-sisa makanan yang tersangkut di lidah yang menjadi penyebab lidah berwarna putih.
Namun, jika hal-hal tersebut sudah Anda lakukan tetapi tidak juga hilang, maka Anda perlu menemukan penyebabnya untuk tahu perawatan yang paling tepat.
Leukoplakia biasanya tidak perlu diobati. Namun, Anda perlu pergi ke dokter gigi untuk melakukan check up rutin guna memastikan kondisinya tidak bertambah parah. Untuk menghilangkan lapisan atau bercak putihnya, Anda perlu berhenti merokok atau mengunyah tembakau, dan mengurangi asupan alkohol ke tubuh Anda.
Oral lichen planus juga tidak memerlukan pengobatan khusus. Namun, jika kondisinya parah dokter akan meresepkan steroid berbentuk semprot atau pembersih mulut yang terbuat dari pil steroid yang dilarutkan ke dalam air.
Oral thrush dapat diobati dengan obat antijamur. Obat ini berbentuk gel atau cair yang bisa dioleskan ke mulut dan berupa pil.
Sifilis diobati dengan penisilin. Antibiotik ini dapat membunuh bakteri penyebab sifilis.

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/tips-mengatasi-lidah-putih/