Bagaimana cara mengatasi gusi yang bengkak?

bagaimana cara mengatasi gusi yang bengkak?

Gangguan ringan, seperti gusi bengkak, umumnya dapat ditangani dengan memberikan lebih banyak perhatian pada kebersihan mulut. Sikat gigi dua kali sehari, setiap hari, dan lengkapi kebersihannya dengan menggunakan benang gigi (dental floss) secara teratur. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah:
Berikan kompres dingin pada gusi untuk mengurangi bengkak.
Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
Hindari merokok, minuman beralkohol, dan makanan yang mengandung kadar gula tinggi.
Mengganti pasta gigi bisa dilakukan untuk mengatasi gusi bengkak yang disebabkan oleh gigi sensitif terhadap pasta gigi tertentu. Jika gusi bengkak disebabkan oleh produk obat kumur, segera hentikan penggunaannya.
Menghentikan atau mengganti obat yang menyebabkan gusi bengkak. Konsultasikan ke dokter mengenai kemungkinan mengganti obat, jika gusi bengkak disebabkan oleh obat tertentu. Penghentian atau penggantian obat harus selalu dalam pengawasan dokter.
Prosedur scalling untuk membersihkan plak gigi.
Root planning untuk membersihkan area akar gigi dan sela gusi, untuk menghilangkan bakteri.
Gangguan gusi yang sudah parah, membutuhkan penanganan lebih lanjut. Misalnya, kondisi acute necrotizing ulcerative gingivitis (ANUG), yang memerlukan pemberian obat pereda nyeri, antibiotik, serta obat kumur khusus mengandung klorheksidin, atau hidrogen peroksida.
Bila gusi bengkak atau gangguan gusi lain berlangsung lebih dari dua minggu, segera temui dokter gigi.