Bagaimana cara mengatasi abrasi gigi?

Abrasi gigi adalah suatu keadaan dimana lapisan terluar yakni email gigi terkikis secara mekanis, yang terjadi karena sebab-sebab tertentu dan terjadinya pada leher gigi. Bagian leher gigi merupakan bagian yang dekat dengan gusi.

Cara Mengatasi Abrasi Gigi atau terkikisnya email pada leher gigi menyebabkan terjadi abrasi gigi. Abrasi gigi yang parah akan menimbulkan kerusakan lebih lanjut yakni terjadinya penurunan gusi. Penanganan abrasi gigi tergantung dari penyebab yang dialami.

  1. Jika kerusakan struktur gigi tidak parah maka penanganannya dengan pengolesan fluor pada gigi yang mengalami abrasi. Pemberian fluor dapat mencegah pembentukan karies gigi dan menghentikan proses terjadinya gigi berlubang.
  2. Jika kerusakan struktur gigi telah mencapai dentin (tulang gigi) maka penanganannya dengan melakukan penambalan gigi dengan bahan resin komposit yang sesuai warna gigi asli yang berfungsi menggantikan email gigi yang rusak.
  3. Penanganan sederhana untuk jangka panjang, yakni:
  • Menyikat gigi dengan benar menggunakan sikat gigi berbulu halus.
  • Menghilangkan kebiasaan menggigit benda keras.
  • Menggunakan pasta gigi yang mengandung sitrat.
  • Menggunakan benang gigi alih-alih tusuk gigi.
  • Menggosok gigi dengan tekanan yang lembut.
  1. Bagi pengguna gigi tiruan, apabila cengkeraman kawat gigi dirasakan terlalu mencengkeram, ada baiknya dibawa ke dokter gigi agar memperoleh penanganan lebih lanjut.

sumber: https://halosehat.com/penyakit/abrasi-gigi/penyebab-abrasi-gigi