Bagaimana cara menemukan bakat kita?

20210816_134237_0000

Bakat adalah kemampuan dalam melakukan sesuatu yang lebih unggul daripada orang lain. Setiap orang tentunya memilik bakatnya masing-masing. Entah itu bakat di bidang sastra, seni, olahraga, dsb. Jika telah mengetahui bakat kita, maka kita bisa mengembangkannya lebih jauh lagi.
Beberapa pendapat menganjurkan untuk mencoba mengeksplor berbagai kegiatan agar dapat menemukan bakat kita. Tapi, dengan makin banyaknya kegiatan yang diasah, tidak sedikit orang yang justru makin bingung dengan bakatnya.

Kalau menurut Youdics bagaimana cara agar dapat mengetahui bakat yang kita miliki?

Referensi:
Gyeoung Eun, P., 2006, Jalani Mimpimu Sekarang Juga, Jakarta : Elex Media Komputindo

cara mengetahui bakat yang dimiliki menurut penelitian psikologi :

  1. Kenali diri dahulu
    kenali diri adalah hal yang paling awal dalam mencari bakat yang dimiliki diri kita, jika kita mengenali diri kita sendiri, berarti kita dapat menggali lebih dalam lagi mengenai diri kita.

  2. Carilah hal yang disuka
    pentingnya memiliki hobi dalam hidup, selain untuk memberikan rasa bahagia dalam hidup, menemukan hobi atau hal yang kita suka ternyata menuntun kita untuk mengetahui bakat yang kita miliki.

  3. Carilah banyak pengalaman
    Mencari pengalaman bisa menjadi hal yang membantu anda dalam menemukan bakat yang dimiliki. Terkadang kita tidak pernah tahu apakah hal yang kita lakukan merupakan salah satu dari bakat kita atau bukan. Kegiatan sangatlah luas, hal yang kita senangi mungkin sesuatu yang belum pernah kita coba lakukan atau pikirkan. Alasan inilah yang menyebabkan anda bisa mencari pengalaman sebanyak-banyaknya untuk tahu seperti apa sih pengalaman baru dan hal baru serta apakah mereka termasuk kedalam bakat anda yang ternyata terpendam.

  4. Ikuti tes bakat
    ara ini mungkin cara paling mudah dan juga cepat yang dilakukan oleh anak pada masa sekarang ini. Sejak kecil mereka sudah mengikuti tes minat dan juga bakat untuk membantu mengarahkan mereka ke jalan yang sesuai dengan bakat serta minat mereka. Dengan mengikuti tes akan membantu anda memperjelas apa sih sebenarnya bakat utama anda tanpa perlu susah payah. Presentase keberhasilan tes ini berbeda-beda. Ada yang berhasil namun ada juga yang harus menerima kegagalan dan tidak sesuai.

1 Like

Terdapat banyak cara untuk mengetahui bakat yang kita miliki, namun aku bisa bagikan beberapa aja, diantaranya:

  • Temukan hal yang disuka
    Menemukan hal yang disukai saja cukup sulit. Seringkali kita menyukai beberapa hal secara sekaligus dan juga dilakukan dalam waktu bersamaan. Sulit mengetahui apa yang disukai dan juga yang diprioritaskan untuk kita. Sehingga coba temukan hal yang paling anda sukai dan ingin anda lakukan setiap saat.
  • Apa hal yang sering dibicarakan
    Kalau dalam kacamata psikologi, jika kita mengatakan suatu hal/topik berulang-ulang, kemungkinan hal tersebut adalah hal yang kita sukai. Apa yang sering anda bicarakan merupakan ciri dari hal yang anda bisa atau anda sukai.
  • Amati hobi
    Mengamati hobi mungkin bisa membantu untuk menemukan apa sebenarnya bakat kita. Selain menemukan bakat dengan hobi, manusia menggunakan hobi untuk mengisi waktu luang serta mengasah hal yang ternyata mereka bisa lakukan dibandingkan orang lain.
  • Cari pengalaman
    Mencari pengalaman bisa menjadi hal yang membantu kita dalam menemukan bakat yang dimiliki. Terkadang kita tidak pernah tahu apakah hal yang kita lakukan merupakan salah satu dari bakat kita atau bukan. Kegiatan sangatlah luas, hal yang kita senangi mungkin sesuatu yang belum pernah kita coba lakukan atau pikirkan.
Referensi

15 Cara Mengetahui Bakat Diri Sendiri

1 Like

Ada beberapa langkah dalam membantu kita untuk menemukan potensi / bakat yang ada dalam diri kita :

  1. Membuat keputusan untuk berkembang. Artinya kita memilih jalan sesuai dengan keinginan dan niat dari diri kita sendiri. Karena dengan adanya niat dari diri sendiri, akan bagus untuk menggali dan mengembangkan apapun yang ada di diri kita.

  2. Mengenali diri sendiri. Dalam mengenali diri sendiri, terdapat komparasi antara penilaian dari diri sendiri serta penilaian dari orang lain terhadap diri kita. Ketika sudah mengerti dan memahami semua penilaian itu, maka kita akan lebih mudah mengidentifikasi bakat apa saja yang mungkin ada di diri kita dan dikembangkan.

  3. Menyingkirkan rasa takut kegagalan. Setelah memahami poin 2, kita mencoba untuk memhamai bahwa gagal itu hal wajar. Kita harus selalu berfikir positif apapun yang terjadi agar kegagalan bisa menjadi pelajaran serta pengembangan kedepannya dalam menggali bakat kita. Begitupun dengan orang yang sudah tau bakatnya apa, nggak serta merta juga ketika mereka memiliki sebuah bakat, berarti semua akan berjalan dengan lancar.

  4. Menetapkan tujuan. Tujuan yang dimaksud tidak hanya tujuang jangka panjang, melainkan tujuan kecil / tujuan jangka pendek juga. Agar kita terbiasa dengan tujuan kecil dan konsistenn untuk dipenuhi guna mempercepat dan mengoptimalkan terealisasinya tujuan jangka panjang.

  5. Meraih tujuan melalui langkah kecil. JIka merasa kesulitan dalam menentukan langkahnya, bisa belajar dari orang yang telah mencapai tujuan yang sama, atau referensi lain seperti buku, blog, dll.

  6. Membuat daftar pencapaian. Sebagai bentuk apresiasi dalam diri sendiri dan sebagai pengingat bahwa kita sudah berjalan sejauh ini. Menjadikan daftar pencapaian ini sebagai penyemangat lagi ketika di tengah jalan mulai hilang rasa percaya diri.

  7. Berhenti membandingkanmu dengan orang lain. Ketika melihat orang lain lebih sukses dan lebih baik, cukup jadikan motivasi untuk dirimu sendiri. Toh nanti ketika kamu sudah menemukan bakat yang ada dalam diri kamu, tujuan kamu juga akan lebih mudah tercapai.

Referensi

7 Langkah untuk Membantumu Menemukan Potensi Diri

1 Like

Untuk menemukan bakat bisa dimulai dengan hal apa yang kita senangi, hal yang tanpa paksaan kita bisa mengerjakannya, dan juga bisa maksimal. Jika kita sudah menemukan hal yang kita senangi kita bisa menjadikannya habit atau kebiasaan, yang lama-lama skill dalam hal tersebut akan terasah. Dan itu menurut saya bakat. Dimana saat kita melakukannya senang, dan juga tidak merasa terpaksa, tidak ada tuntutan.

Adapun cara kedua kita bisa eksplor segala hal atau bidang. Dengan begitu dari banyaknya bidang yang telah kita lalui, kita bisa simpulkan yang mana yang menurut kita menyenangkan, sangat mudah untuk kerjakan dan tanpa ada rasa tertekan untuk melakukannya. Kalau sudah kita bisa menjadikannya sebagai habit atau kebiasaan agar skill kita bertambah.

Summary
1 Like

Sebagian orang mungkin dengan mudah bisa menemukan apa bakatnya. Tapi ada juga beberapa orang yang bahkan sampai menginjak usia dewasa masih belum bisa menemukan apa sebetulnya bakat yang dimilikinya. Memang apa pentingnya sih menemukan bakat terpendam? Jawabannya sudah pasti penting banget dong. Karena dengan begitu kamu bisa tahu apa profesi yang cocok untukmu, hobi yang bisa kamu jalani, atau setidaknya apa yang bisa orang lain andalkan dari dirimu.

  • Eksplorasi diri lebih jauh . Kamu enggak bisa hanya berdiam diri untuk bisa menemukan bakatmu sendiri. Namanya juga bakat terpendam, ya harus bisa kamu temukan dong! Terus bagaimana caranya? Sebagai langkah awal, kamu perlu melakukan banyak hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Eksplor diri kamu lebih jauh lagi.

  • Temukan kegiatan yang membuatmu senang dan ingin selalu maksimal dalam melakukannya. Bakat terpendammu hanya bisa kamu ketahui ketika sudah nyaman melakukan sesuatu. Karena ketika sudah nyaman, maka enggak ada lagi kata bosan ketika kamu harus berlama-lama untuk bisa menyelesaikannya. Bahkan, kamu ingin terus dan terus melakukannya setiap hari.

  • Mulai dengan melakukan sesuatu yang mudah. Kalau masih bingung kegiatan apa yang perlu kamu lakukan lebih dulu, mulailah dengan sesuatu yang mudah. Sesuatu yang enggak harus membuatmu mengeluarkan modal atau usaha besar. Ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan seperti menggambar atau melukis, menulis, membaca puisi, atau bernyanyi.

  • Jangan cepat melakukan hal baru jika belum benar-benar bosan. Proses menemukan bakat bukanlah sesuatu yang bisa dikerjakan dalam waktu singkat. Karena itu, kamu pun enggak bisa terburu-buru ketika hendak menemukannya. Jadi, kamu pun mau enggak mau harus bisa menikmati setiap proses dalam menemukan bakat terpendammu.

  • Menanyakan hasil kerjamu selama ini kepada orang terdekat atau orang disekitarmu. Kalau kamu masih juga bingung menemukan apa bakat terpendammu, maka kamu bisa menanyakan ke orang sekitar. Tapi bukan bertanya langsung apa bakat yang kamu punya. Melainkan tanyalah bagaimana hasil kerjamu selama ini ke orang-orang terdekat.

  • Tekuni kegiatan yang membuatmu nyaman dan senang saat ini. Kunci untuk bisa menemukan bakat adalah ketekunan. Jadi, kalau kamu saat ini merasa senang ketika melakukan sesuatu tapi hasilnya masih juga kurang maksimal, bisa jadi kamu memang masih perlu untuk terus menekuninya sampai bakatmu benar-benar ada.

  • Ikut tes bakat dan minat. Ini adalah cara terakhir yang bisa kamu pilih ketika enggak kunjung bisa menemukan apa sebetulnya bakatmu ketika sudah melakukan banyak hal. Dengan mengikuti tes bakat, kamu diharapkan bisa lebih jelas melihat di mana bakat kamu sebetulnya.

1 Like

Bakat adalah keahlian atau kelebihan yang dimiliki oleh seseorang yang berasal dari keturunan ataupun berasal dari lahir. Bakat sendiri dipercaya sebagai hal yang paling disenangi oleh manusia karena bisa membantu manusia. Meskipun, jika tidak di asah atau dipergunakan dengan baik maka akan kesulitan untuk memanfaatkannya.

Menurut sumber yang saya baca, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengetahui bakat diri sendiri :

  1. Temukan Hal yang Disuka
    Menemukan hal yang disukai saja cukup sulit. Seringkali kita menyukai beberapa hal secara sekaligus dan juga dilakukan dalam waktu bersamaan. Sulit mengetahui apa yang disukai dan juga yang diprioritaskan untuk kita. Sehingga coba temukan hal yang paling anda sukai dan ingin anda lakukan setiap saat. Dengan begitu anda mungkin bisa mengenal bakat yang dimiliki lebih cepat
  2. Cari Hal yang Bisa Dikerjakan
    Hal yang bisa anda kerjakan merupakan hint atau clue atau tanda dari bakat yang mungkin anda miliki. Sebagai contoh anda sangat pandai membetulkan ponsel yang mengalami kerusakan. Nah dengan pekerjaan ini anda bisa mengetahui bakat anda yang mungkin berkaitan dengan teknis.
  3. Tanyakan Nilai pada Orang Lain
    Dilihat dari psikologi agak berbeda, dimana anda membutuhkan cermin hidup alias pandangan orang lain. Tanyakan para orang lain berapa jauh usaha yang sudah anda lakukan, apakah menurut mereka anda maksimal dalam mengerjakan segala sesuatu, apakah sudah sesuai ataupun sudah bagus hasilnya atau belum. Dengan begitu anda juga tidak menghabiskan waktu dengan sia-sia saja
  4. Apa hal yang Sering Dibicarakan
    Menurut psikologi jika anda mengatakan berulang-ulang maka hal tersebut merupakan hal yang disukai. Apa yang sering anda bicarakan merupakan ciri dari hal yang anda bisa atau anda sukai. Sudah jelas bukan anda tidak mungkin membicarakan hal yang tidak bisa anda lakukan secara terus menerus ataupun dalam frekuensi yang sangat sering.
  5. Amati Hobi
    Mengamati hobi anda mungkin bisa membantu untuk menemukan apa sebenarnya bakat anda. Selain menemukan bakat dengan hobi, manusia menggunakan hobi untuk mengisi waktu luang serta mengasah hal yang ternyata mereka bisa lakukan dibandingkan orang lain. Sebagai contoh anda memiliki hobi fotografi yang nyatanya hal tersebut merupakan bakat terpendam anda sebagai seorang ahli foto.
Summary

15 Cara Mengetahui Bakat Diri Sendiri - DosenPsikologi.com

1 Like