Bagaimana cara mencegah komplikasi gigi akibat diabetes?

Pada diabetesi (orang dengan diabetes), kadar gula darah yang tidak terkendali bisa membuat mereka rentan mengalami komplikasi dari jenis operasi apa pun. Tak terkecuali operasi cabut gigi.

Cara terbaik yang bisa para diabetesi lakukan untuk mencegah komplikasi yang berhubungan dengan diabetes dalah dengan mempertahankan kontrol optimal atas kadar gula darah Anda. Periksa gula darah Anda secara teratur dan beri tahu dokter Anda jika Anda tidak dapat mengontrol kadar gula Anda dengan diet, obat-obatan minum, atau insulin.
Anda juga harus berhati-hati dalam perawatan gigi yang Anda lakukan. Sikatlah gigi secara teratur pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Namun ingat, jangan terlalu keras ketika menyikat gigi karena bisa mengiritasi gusi Anda. Selain itu, Anda juga bisa bisa melakukan flossing gigi setidaknya satu kali dalam sehari.
Yang tidak kalah penting, Anda harus rutin melakukan pemeriksaan gigi ke dokter gigi. Bahkan, Anda mungkin perlu meminta dokter gigi Anda untuk melakukan lebih banyak pemeriksaan dari yang direkomendasikan. Jika Anda melihat ada tanda-tanda penyakit gusi, carilah pengobatan untuk gigi segera.