Bagaimana cara menangani pendarahan pada gigi yang tak kunjung mereda setelah cabut gigi?

06-BERBAGI 10

Pencabutan gigi memang memiliki risiko yang cukup besar, kita harus tetap waspada dan hati-hati terutama ketika terjadi pendarahan secara terus-menerus. lalu bagaimana cara menanganinya?

Perlu diperjelas, apakah Anda memiliki riwayat gangguan perdarahan sebelumnya, misalnya yang tampak sebagai memar, mimisan berulang, BAB hitam, muntah darah, dan sebagainya?

Tergantung kondisi giginya, pasca cabut gigi, perdarahan umumnya akan berhenti dalam waktu kurang dari 2 x 24 jam pasca cabut gigi. Untuk menghentikan perdarahan ini, pasca pencabutan gigi umumnya dokter akan menyarankan Anda menggigit kapas yang telah diberikan suatu obat, gunanya untuk menekan dan mengecilkan diameter pembuluh darah yang robek sehingga darah cepat membeku dan berhenti.

Darah yang masih keluar seperti yang Anda alami, bila jumlahnya sedikit, kemungkinan bukan merupakan hal yang berbahaya. Pada gigi yang memiliki banyak pembuluh darah di bagian pulpanya (gigi graham misalnya), perdarahan memang akan berlangsung lebih lama.

Namun, bila darah yang keluar sangat banyak, maka mungkin juga kondisi tersebut menandakan:

  • Abses — infeksi pada gigi atau jaringan penyokongnya, bisa membuat peradangan yang menghambat pembekuan darah
  • Sisa akar gigi tertinggal — bisa menyebabkan luka sulit menutup, sehingga perdarahan berlangsung lebih lama
  • Gangguan pembekuan darah, misalnya pada penderita idiopathic thrombocytopenic purpura, kanker darah, kelainan sumsum tulang belakang — umumnya ditandai juga dengan tanda gangguan perdarahan lainnya, seperti memar, mimisan berulang, BAB hitam, muntah darah, dsb

Bila keluhan sudah pernah diperiksakan ke dokter dan belum juga membaik, Anda bisa memeriksakan diri kembali ke dokter gigi supaya dilakukan evaluasi lebih lanjut. Jika perlu, dokter mungkin akan menganjurkan Anda menjalani tes laboratorium untuk menilai kemungkinan penyebab gangguan pembekuan darah yang bersifat sistemik.

Saat ini, Anda sebaiknya gunakan gulungan kapas bersih dan gigi di antara bekas gigi yang dicabut untuk menekan pembuluh darah yang terbuka. Hindari mengorek-ngorek bekas cabut gigi, termasuk juga bila didapati ada gumpalan darah. Konsumsi dulu makanan yang bertekstur lunak dan mudah ditelan tanpa harus dikunyah terlalu lama.