Bagaimana cara membuat es tebu alami?

Bahan baku untuk membuaat gula ini pastinya sangat anda kenal sekali, dan bagaimana jika tebu ini dijadikan minuma segar yang dijaikan bersama es

image

Bahan Es Tebu:

  • Tebu hijau
  • Air secukupnya
  • Fungsi air hanya agar es sari tebu tidak terlalu manis
  • Es batu secukupnya

Resep Es Tebu:

  1. Pertama-tama ambil tebu hijau, lebih fresh lebih baik karena rasanya lebih menyegarkan. Kita bisa memeras dengan mesin penggiling ataupun manual. Tapi perlu diingat untuk mengikis lapisan lilin yang ada di kulit sebelum diperas, lapisan ini sering berbau langu.

  2. Untuk yang mesin tidak perlu dibahas. Bagi yang manual, pertama kupas kulitnya lalu potong batang tebu per ruas. Jangan lupa buang bagian ruas yang keras. Siapkan wadah dan alat penyaring. Sedikit pukul-pukul ruas tebu yang telah dikupas, setelah hancur terlihat penyet kita peras dengan sedikit mempelintirnya.

  3. Lakukan proses pemerasan sampai semua air sari tebu terpisah dari ampasnya. Cara membuat es tebu telah selesai, tinggal penyajian. Resep sederhana cukup menambahkan air untuk mengatur rasa manis dan es batu menambah rasa segar.

  4. Sari tebu yang kita dapatkan juga bisa lo ditambahkan di minuman lain sebagai pemanis (pengganti gula). Rasanya jauh lebih terasa di lidah dan tentu lebih seger jika dibandingkan gula lain.