Bagaimana cara membersihkan lidah putih pada bayi?

Saat bayi sedang tertawa, pasti menggemaskan sekali ya, Moms. Namun, pernahkah Anda menemukan tekstur lidah pada bayi Anda berwarna putih? gimana ya cara membersihkannya?

Jika warna putih pada lidah bersifat sementara atau datang dan pergi dengan mudah setelah minum susu, besar kemungkinan dikarenakan bekas sisa susu yang baru dikonsumsi. Maka cara untuk membersihkan warna putih ini cukup mudah. Gunakan kain steril atau kain kasa, kemudian celupkan ujungnya pada air hangat. Usapkan pada lidah bayi dengan gerakan melingkar lembut. Jika warna putih pada lidah bayi sudah hilang, tidak diperlukan lagi perawatan lebih lanjut.

Infeksi jamur dalam mulut
Kemungkinan kedua yang bisa terjadi adalah adanya infeksi jamur atau oral thrush.
Infeksi jamur jenis Candida albicans sering menyerang mulut bayi baru lahir ataupun bayi yang berusia kurang dari dua bulan. Biasanya oral thrush ini berada di lidah, pipi bagian dalam, bahkan langit-langit mulut bayi. Bercak putih yang ada sulit untuk dibersihkan. Jika dipaksakan malah akan melukai bayi.

Oral thrush ini bisa terjangkit oleh paparan jamur dari luar, misalnya saat dilahirkan normal ibu mengalami keputihan dengan jamur Candida albicans, puting susu ibu menyusui mengalami infeksi jamur, atau pengobatan infeksi pada bayi menggunakan antibiotik tertentu. Biasanya dokter akan memberikan obat nystatin (anti-jamur) tetes atau losion anti-jamur topikal. Jika penggunaan obat sesuai dengan anjuran dokter, biasanya masa penyembuhan akan berlangsung cepat.