Bagaimana cara membersihkan gigi dengan benang?

mulut

Membersihkan gigi dengan benang pasti bukan suatu hal yang asing karena istilah lain yang kerap kita sebut maupun dengar dari kegiatan ini adalah dental flossing. Meski begitu, mungkin masih ada sebagian orang yang tak terlalu tahu karena lebih mengandalkan alat yang bernama tusuk gigi. Justru tusuk gigi bukanlah alat yang tak dianjurkan kebanyakan dokter gigi. Namun, bagaimana cara membersihkan gigi dengan benang?

Cara membersihkan gigi dengan benang:

  1. Memilih Benang Paling Nyaman dan Tepat
    Benang gigi ada banyak sekali pilihan dan Anda bisa memilih yang paling nyaman dan tepat bagi Anda, entah itu yang ada rasanya atau jenis di mana lilin sebagai lapisannya. Biasanya untuk jenis yang ada lapisan lilinnya akan lebih gampang untuk Anda geser pada antara sela gigi. Tapi tape floss atau benang gigi plester biasanya adalah pilihan terbaik kalau gigi Anda antara satu dengan yang lain berjarak cukup lebar. Yang lebih mahal juga ada dan biasanya berkualitas lebih baik karena memang ketika dipakai tidak seret. Contoh benang gigi yang dimaksud adalah benang gigi filamen tunggal yang terbuat dari PTFE dan nilon. Biasanya benang bisa dipakai secara mudah dan bahkan tak akan cepat rusak bila dipakai jangka panjang sekalipun.

  2. Membersihkan Gigi dengan Benang sebelum Menyikat Gigi
    Kebanyakan orang salah paham dan hanya tahu kalau membersihkan gigi dengan benang adalah selalu setelah menyikat gigi. Padahal sebenarnya yang perlu dihindari justru yang seperti demikian, dan yang dianggap benar dan malah dianjurkan justru penggunaan benang gigi sebelum menyikat gigi karena jika setelahnya nanti bisa-bisa menyebabkan pasta gigi tertinggal di gusi.

  3. Melilitkan Sebagian Besar Benang pada Telunjuk Tangan Lebih Dulu
    Untuk mengawali pemakaian, Anda bisa menarik sekitar 45 cm dari benang gigi dan mulailah dengan sebagian besar ke telunjuk tangan Anda (kedua jari telunjuk) dan pastikan Anda melakukannya secara ketat. Dengan cara ini, Anda pasti bisa membersihkan gigi secara menyeluruh dalam satu waktu tanpa memakai benang baru.

  4. Memegang Benang Gigi dengan Jari Telunjuk dan Ibu Jari
    Dalam memegang benang gigi, lakukan secara erat-erat menggunakan ibu jari dan telunjuk Anda. Sisakan sekitar 8-9 cm untuk benang karena bagian tersebutlah yang Anda bakal gunakan untuk membersihkan gigi. Sesudah benang dililitkan di sekeliling kedua jari telunjuk, Anda dapat menariknya menggunakan jempol serta telunjuk di mana fungsi jempol adalah sebagai pembersih gigi bagian atas dan jari telunjuk berperan membersihkan gigi bawah.

  5. Menggeser Benang Gigi secara Perlahan
    Tak masalah untuk mulai dari mana dulu karena Anda bisa mengawalinya dari gigi mana saja. Yang paling penting adalah Anda bisa membersihkan seluruh gigi dan waktu penggeseran benang dilakukan tidak dengan kasar. Lakukan dengan perlahan saja pada sela-sela gigi serta garis gusi dan jangan terlalu kuat ketika mengarah ke gusi. Salah-salah jika terlalu agresif malah hanya akan menyebabkan cedera pada gusi atau gusi berdarah.

Sumber: https://halosehat.com/tips-kesehatan/gigi/cara-membersihkan-gigi-dengan-benang