Bagaimana Cara Kamu Untuk Membicarakan Hal yang Sulit?

IMG_8595

Dalam menjalin sebuah hubungan baik dengan keluarga, teman, sahabat, ataupun pasangan, pasti akan ada saat dimana kita memerlukan waktu untuk menghadapi sebuah masalah dan memerlukan pembicaraan yang serius. Kita tidak mungkin bisa untuk selalu ada di posisi senang-senang saja. Jika kita lihat banyak sekali orang yang mungkin berusaha unutk mengindari sebuah pembicaraan serius dengan alasan dan keinginan jika masalah tersebut akan bisa selesai dengan sendirinya, padahal kenyataanya tidak bisa seperti itu. Atau mungkin ada yang memilih untuk memendam dan tidak akan pernah membicarakannya. Semua cara itu tidak sehat dan justru akan menambah beban yang lebih besar lagi dihari-hari yang akan datang.

Jadi sebenarnya jika kamu pernah mengalaminya, hal apa saja yang perlu kamu pahami dan lakukan untuk bisa membicarakan hal-hal sulit tersebut?

1 Like

Dari pengalaman yang aku alami. Untuk membicarakan hal-hal sulit tersebut, mungkin bisa mengambil waktu sejenak untuk menenangkan diri dan mungkin memikirkan terlebih dahulu permasalahan apa yang akan dibicarakan. Setelah itu mengajak pihak yang akan diajak berbicara dan menanyanyakan perlu gak sih hal tersebut dibicarakan. Nah setelah kedua pihak merasa tenang dan sudah siap untuk membicarakan permasalahan atau hal-hal yang sulit tersebut, barulah mulai dibicarakan dengan perlahan.

Menurut saya, setiap orang pasti punya caranya masing-masing untuk dapat mengungkapkan dan membicarakan masalah yang sedang dialaminya. Beberapa orang pasti pernah mengalami kesulitan untuk dapat bisa menyelesaikan atau membicarakan masalah tersebut. Namun beberapa cara umum ini mungkin dapat dilakukan untuk bisa lebih mudah membicarakan dan mengungkapkan hal-hal yang dianggap sulit:

  1. Memberi ruang pada diri sendiri
  2. Percaya bahwa segala yang terjadi akan segera berlalu
  3. Percaya bahwa setiap masalah yang dialami pasti dapat diselesaikan
  4. Bicarakan dan ungkapkan segala masalah yang ingin kamu ungkapkan ketika sudah siap

Menurutku, komunikasi itu sangat penting dalam menjaga hubungan ke siapapun, seperti keluarga, pasangan, teman, rekan kerja, dan sebagainya. Dengan komunikasi yang baik, kita bisa mendiskusikan masalah yang ringan hingga berat dengan baik sehingga dapat meminimalisir terjadinya konflik. Pada hakekatnya, konflik merupakan suatu pertarungan menang kalah antara kelompok atau perorangan yang berbeda kepentingannya satu sama lain dalam hubungan atau kelompok. Dengan kata lain, konflik adalah segala macam interaksi pertentangan atau antagonistik antara dua atau lebih pihak yang dapat berbeda intensitasnya tergantung pada sarana yang dipakai.

Jika sistem komunikasi dan informasi tidak menemui sasarannya dengan baik, maka akan timbul salah paham atau orang tidak saling mengerti. Hal ini akan menjadi salah satu sebab timbulnya konflik atau pertentangan dalam suatu hubungan. Konflik biasanya juga timbul sebagai hasil adanya masalah-masalah hubungan pribadi (ketidaksesuaian tujuan atau nilai-nilai pribadi seseorang dengan perilaku yang harus diperankan pada tugasnya, atau perbedaan persepsi).

Oleh karena itu, jika kita merasa dihadapkan oleh suatu masalah yang sulit untuk dibicarakan atau dikomunikasikan, maka kita harus merancang strategi komunikasi yang efektif agar pesan tersebut dapat disampaikan dengan baik, dapat dimengerti, dan diselesaikan dengan baik. Strategi membicarakan hal yang sulit menurut versi aku adalah:

  1. Menunggu momen yang benar-benar tepat untuk membicarakannya, baik dari diri sendiri maupun lawan bicara kita
  2. Merancang alur pembicaraan dan mempersiapkan kemungkinan respon yang akan timbul
  3. Memulai pembicaraan dengan memberikan pengertian permasalahan dengan jelas dan tidak bertele-tele
  4. Jika lawan bicara merespon pembicaraan dengan emosi, kita yang harus meredakannya. Jangan sampai kita ikut emosi juga
  5. Selalu utamakan penggunaan tiga kata ajaib: maaf, tolong, dan terima kasih
Sumber

Lumintang, J. (2015). Dinamika konflik dalam organisasi. Acta Diurna, 4(2), 1-12.

Terimakasih untuk tanggapannya @nandasreza @Nazila_Ramandha @anggapriambudi . Mungkin yang perlu diingat bahwa tidak semua masalah perlu untuk dipermasalahkan, tetapi masalah juga tidak bisa hilang atau selesai dengan sendirinya dan menghindari untuk membicarakan hal sulit itu juga hanya akan merugikan diri sendiri. Jadi benar sekali kalau komunikasi itu sangat penting dan berguna untuk mengurangi terjadinya konflik, dan aku setuju kalau kita pasti punya caranya masing-masing untuk membicarakan hal-hal sulit entah kepada teman, sahabat, pasangan atau keluarga.