Bagaimana cara hidup agar lebih sederhana tetapi mencukupi?

IMG_2920

Banyak sekali orang merasa tertekan karena kondisi keuangan mereka yang buruk.Cukup banyak anak remaja yang tidak mampu membeli ponsel pintar seperti teman sebaya mereka karena kondisi keuangan orang tuanya yang sulit Uang bukanlah segalanya, Anda tetap bisa menjalani kehidupan yang bahagia dengan kesederhanaan.

Ada banyak orang yang merasa bahagia dengan kondisi mereka saat ini. Hal ini dapat terjadi karena gaya hidup, kepuasan pribadi, dan penerimaan mereka terhadap kondisi saat ini.

Nah kira-kira bagaimana sih cara hidup lebih sederhana tatapi mencukupi?

2 Likes

Menurut saya pribadi, dengan cara Menerima dan Bersyukur, menerima semua kondisi yang sedang dialami dan bersyukur apapun yang sudah kita punya, sebenarnya kita kalo lagi seneng itu nggak ngerasa seneng sendiri. Kalo lagi sedih juga sebenernya nggak ngerasa sedih sendiri. Di semesta ini selalu ada yang mendapatkan seperti kita. Cuma cara dan waktunya aja yang kadang beda. Kan semuanya udah terukur. Datengnya ke kita, ya sesuai porsinya kita.

Belum tentu yang sekarang bahagia bakal terus bahagia. Belum tentu juga yang susah bakal selamanya susah. Roda itu berputar, bersiap-siaplah untuk segala kemungkinan. Agar supaya kita tidak terlalu lama meratapinya dan lupa mempersiapkan setelahnya.

Nggak perlu juga insecure berlebih. Terima saja semua. Kalau ternyata bermasalah ya hadapi. Selesaikan dengan sebaik-baik cara yang kau punyai. Jangan lupa bersyukur atas apapun itu. Kita beruntung, kita harus selalu merasa beruntung.

Dengan menerapkan hidup minimalis tentunya. Membeli barang yang memang sesuai dengan urgensinya, tidak ada yang namanya lapar mata. Jika memang butuh sekali, beli. Namun, ketika membeli pun perhatikan kualitas dan harga dari barang tersebut. Jika bisa mendapatkan kualitas yang paling baik namun dengan harga yang menambah sedikit, silahkan ambil. Jangan asal ambil barang yang kualitasnya buruk hanya karena harganya yang murah. Hal ini jika diperhitungkan malah akan membuat lebih boros kantong.

Lalu, dapat memisahkan pemasukan menjadi beberapa bagian sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Dan pastinya hemat. Dari pemasukan yang sudah dipisah-pisahkan tersebut, kamu harus taat pada aturan tersebut dan berjanji pada diri sendiri untuk tidak mengambil jatah uang untuk kebutuhan lainnya yang tidak terlalu penting.

Selanjutnya, sedekah. Besar kecil nilainya tidak akan pernah jadi masalah. Karena ketika kita memberi kepada orang lain, aka nada rejeki kita juga dari orang lain yang bisa saja lebih dan bernilai dengan berkali-kali lipat dari apa yang telah kita berikan.

Dan yang terakhir dan terpenting adalah bersyukur. Syukur masih memiliki rejeki. Sedikit ataupun banyak.

Membahas mengenai cara hidup sederhana, ada satu istilah yang mungkin tidak terdengar asing lagi. Yaitu “Minimalism Life-style”

Menurut KBBI minimalis adalah : berkenan dengan penggunaan unsur-unsur yang sederhana dan terbatas untuk mendapatkan efek atau kesan yang terbaik.

Minimalism ini merupakan suatu konsep gaya hiudp yang tidak melebih-lebihkan sehingga terkesan sederhana. Orang yang menerapkan konsep hidup ini biasanya akan memperhitungkan kembali apa saja hal yang penting dan dibutuhkan dalam menunjang kualitas hidup, dan meentingkan aspek fungsional dalam jangka panjang agar tidak terlalu mengeluarkan banyak pembelian produk baru.

konsep ini juga menjadikan seseorang untuk menyingkirkan barang-barang yang sekiranya tidak terlalu dibutuhkan atau dipakai kembali, sehingga tidak akan tampak banyak barang-barang yang menganggu di ruangan.

Sudah ada banyak orang yang menerapkan konsep ini, selain lebih sederhana konsep ini mengajarkan kita untuk tidak menjadi konsumtif dan teliti terhadap kebutuhan yang memang penting kita butuhkan.

Dengan gaya hidup minimalis, kamu akan terbantu dalam:

  • Mengurangi rasa ketidakpuasan

  • Mengurangi ketergantungan terhadap benda-benda

  • Mendapatkan kembali waktu yang berkualitas

  • Menjalani hidup yang anti ribet

  • Mencegah stres

  • Menemukan kedamaian

  • Menghidupi passion

  • Mencipta lebih banyak, mengkonsumsi lebih sedikit

  • Menjadi pribadi yang tidak hanya memikirkan diri sendiri

  • Menemukan tujuan hidup

Summary

dollarsprout.com

Istilah ‘hidup sederhana’ adalah tidak berlebih-lebihan. Dengan kata lain, hidup berkecukupan yang tidak mengesankan berkekurangan atau berkelebihan. Salah satu alasan mengapa menerapkan hidup sederhana dinilai penting adalah demi mencapai kebebasan finansial.

Tips dan cara hidup sederhana :

  1. Menyadari Prioritas Pengeluaran - Bisa menahan diri untuk berbelanja yang tidak perlu.
  2. Tidak Memaksakan Diri Mengikuti Gaya Hidup Orang Lain - Dengan memaksakan diri mengikuti gaya hidup orang lain, apalagi sebenarnya Anda tidak sanggup, hanya akan menyiksa diri.
  3. Fokus pada Pencapaian Pribadi, Bukan Orang Lain - Pencapaian setiap orang tidak bisa disamakan sebagaimana terdampak oleh berbagai faktor. Mulai dari latar belakang, pendidikan, dan bahkan faktor luck. Yang terpenting adalah mengupayakan untuk senantiasa menjadi lebih baik daripada masa lalu.
  4. Singkirkan Pengeluaran Kecil yang Tidak Diperlukan
  5. Bijak menggunakan kartu kredi t -kartu kredit itu bagai pisau bermata dua, di satu sisi bisa berbahaya jika penggunannya tidak diatur dan tepat sasaran, namun di sisi lain juga bisa menjadi yang yang baik bila bisa digunakan sebagai hal yang produktif seperti membangun usaha. Oleh karena itu ada baiknya menggunakan kartu kredit secara bijak dan tidak berlebihan setiap bulannya.
  6. Memiliki tabungan dan investasi yang cukup - Supaya pengelolaan keuangan bisa mencukupi di berbagai kebutuhan, Anda juga gak boleh melupakan satu hal yang penting yakni menabung serta berinvestasi. Gunanya untuk memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang serta mempertahankan valuasi harta yang dimiliki.

Menurut saya, dengan mengatur keuangan dalam pembeliannya. Ketika ingin membeli sesuatu belilah sesuai dengan fungsinya saja, jangan hanya untuk bergaya. Kemudian fokuslah pada diri sendiri, jangan ingin seperti orang lain atau bahkan sampai ingin mengimbangi atau sama dengan orang tersebut. Lalu menabung juga akan menjadi hal baik agar kita bisa memiliki simpanan untuk kepentingan yang mendesak.