Bagaimana cara benar membersihkan gigi?

bagaimana cara benar membersihkan gigi?

Banyak pakar kesehatan gigi lebih menyarankan penggunaan benang gigi (dental floss) daripada tusuk gigi. Benang gigi biasanya terbuat dari serat sutra yang dipilin dan ada juga yang terbuat dari nilon atau plastik. Benang gigi dianggap sebagai solusi yang lebih baik dari pada tusuk gigi lantaran sudah diklasifikasikan sebagai perangkat alat bantu kelas I, yang dianggap berisiko lebih rendah ketimbang alat bantu pembersih gigi dan mulut lainnya.
Meski penelitian menunjukkan benang gigi dan tusuk gigi keduanya memiliki efektivitas yang hampir sama dalam membersihkan gigi, namun dari sisi keamanan, benang gigi merupakan pilihan yang lebih baik. Jika tidak digunakan dengan benar, tusuk gigi dapat tertelan dan menyebabkan masalah kesehatan serius.
Penggunaan benang gigi sendiri sangat beragam tergantung bentuknya, yaitu dental floss dengan atau tanpa gagang khusus. Para pakar kesehatan gigi menganjurkan untuk melakukan flossing atau membersihkan sela gigi memakai benang setiap hari, minimal dua kali sehari. Cara pemakaiannya adalah dengan menggesekkan benang ke sela gigi yang sulit dijangkau secara perlahan, agar tidak menyakiti gusi dan gigi.
Dental floss hanya disarankan untuk sekali pakai, karena selain kurang efektif, penggunaan berulang bisa menyebabkan infeksi. Jadi, buanglah dental floss setelah memakainya.
Selain menggunakan tusuk gigi atau benang gigi, rutin memeriksakan diri ke dokter gigi setiap enam bulan sekali merupakan langkah yang tepat untuk menjaga kebersihan gigi dan merawatnya dengan baik.