Bagaimana asal-usul permainan tradisional gasing?

Gasing merupaka salah satu permainan tradisional yang pernah populer. Bahkan dahulu saking populernya, terdapat beragam snack atau chiki yang berhadiah gasing plastik berukuran mini.

Gasing atau gangsing adalah permainan tradisional yang sudah ada lama di Indonesia, permainan ini menjadi salah satu permainan favorit bagi anak laki-laki, karena permainan ini mengadu kekuatan dan ketahanan.

Sejarah Permainan
Terjadi perbedaan pendapat mengenai asal usul permainan tradisional yang satu ini, ada dua pendapat yang kuat mengenai sejarah permainan gasing ini.

Pendapat pertama, mengatakan bahwa gasing awalnya adalah telur ayam yang tidak sengaja diputar dan akhirnya menjadi keseruan tersendiri untuk mengadu dan lama-lamaan berputar. Pendapat kedua, mengatakan permainan ini awalnya adalah buah berembang.

Buah yang tidak terlalu lonjong dan bulat hingga buah ini dapat diputar. Buah ini terdapat banyak di sepanjang tepi pantai, karena buah ini tidak bisa bertahan lama, makan munculah ide untuk mmembuat replika dari buah ini yang dibuat dari batang pohon atau bambu.