Apakah yang menjadi penyebab Polip pulpa?

Polip pulpa, atau pulpitis hiperplasia kronis, adalah suatu kelainan di mana terjadi pembesaran pada pulpa gigi (bagian tengah gigi yang berisi jaringan dan sel pembentuk gigi). Apakah yang menjadi penyebab Polip pulpa?
image

Polip pulpa, atau pulpitis kronis hiperplastika, adalah suatu kondisi di mana terdapat peradangan yang berlangsung selama bertahun-tahun pada bagian pulpa. Pulpa itu sendiri merupakan bagian tengah gigi yang berisi jaringan dan sel-sel pembentuk gigi.

Peradangan yang mengakibatkan terjadinya Polip pulpa terjadi akibat iritasi dan infeksi bakteri pada pulpa. Hal ini umumnya disebabkan karena adanya kerusakan pada mahkota gigi, misalnya karena gigi berlubang. Paparan bakteri dan berbagai zat yang terdapat dalam rongga mulut dan menyebabkan peradangan tersebut memicu pertumbuhan jaringan dan membentuk polip.

Polip pulpa paling banyak terjadi pada gigi geraham bawah, usia dewasa muda. Selain itu Polip pulpa juga banyak terjadi pada gigi geraham susu. Anak-anak umumnya memiliki ambang rasa nyeri rendah, sehingga tidak mudah merasakan sakit gigi.

Biasanya saat anak-anak mengeluh sakit gigi, kondisi gigi sudah berlubang dalam dan bahkan mencapai tempat saraf. Itulah sebabnya Polip pulpa sangat banyak terjadi pada anak-anak.

Polip pulpa biasanya dapat diketahui lebih dini jika Anda rajin melakukan pemeriksaan gigi rutin, setidaknya setiap enam bulan sekali.

Polip pulpa terjadi karena adanya peradangan dan infeksi selama bertahun sebagai akibat dari berbagai kondisi. Beberapa di antaranya adalah:

  • Karies gigi. Kondisi ini menyebabkan struktur gigi banyak yang hilang, khususnya bagian enamel gigi.
  • Cedera yang mengakibatkan kerusakan pada gigi, seperti patah.
  • Reaksi hipersensitif pada gigi.
  • Gigi berlubang atau adanya rongga gigi yang terbuka. Kondisi ini dapat membuat jaringan gigi di dalam rongga gigi terpapar bakteri.
  • Pengaruh hormon, khususnya hormon estrogen dan progesteron.

Sumber : www.klikdokter.com