Apakah sakit gigi bisa pengaruhi tidur anak?

Munculnya rasa sakit pada gigi pada umumnya disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada gusi, rahang atau gigi. Sakit gigi bisa menimpa siapa saja, dari orang dewasa maupun anak-anak. Pada umumnya, rasa sakit ini akan diikuti dengan adanya pembengkakan pada gusi di sekitar gigi yang sakit. Penderitanya pun bisa mengalami demam atau sakit kepala. Tapi, apakah sakit gigi bisa pengaruhi tidur anak?

Sebuah penelitian yang diterbitkan di British Dental Journal menunjukkan bahwa, 85% anak usia sekolah mengalami sakit gigi dan membuatnya harus pergi ke dokter gigi. Sebanyak 14% anak usia 14 tahun mengalami gangguan dalam mengerjakan pekerjaan rumahnya.

Tak hanya itu, penelitian itu mengungkapkan, sekitar 73% anak-anak menjadi susah makan karena sakit gigi, 31% anak lainnya mengalami kesulitan tidur, 30% mengaku waktu bermainnya terganggu dan 11% anak bolos sekolah karena mengalami sakit gigi.

Pada akhirnya, anak yang mengalami sakit gigi, menjadi sulit dalam menerima pelajaran yang diberikan. Tentunya, hal ini akan memengaruhi nilai dan performa anak di sekolah.

Sumber: http://doktersehat.com/sakit-gigi-bisa-pengaruhi-tidur-anak/