Apakah perawatan saluran akar gigi akan terasa sakit?

https://waktuku.com/wp-content/uploads/2017/03/Perawatan-Gigi-di-Dokter.jpg

Perawatan saluran akar gigi (juga disebut root canal treatment) adalah prosedur bedah kecil yang dilakukan saat infeksi penyebab pembusukan sudah terlanjur membunuh gigi. Selama perawatan saluran akar gigi, dokter gigi akan mengangkat pulpa dan serabut saraf yang terinfeksi dari pusat gigi dan mengisi rongga pulpa. Prosedur ini dapat mencegah infeksi di pulpa semakin menyebar ke gigi lainnya.

Banyak orang yang keburu bergidik duluan saat membayangkan sakitnya perawatan saluran akar gigi. Padahal, rasa sakit yang timbul sebenarnya berasal dari infeksi pada gigi yang busuk tersebut, bukan dari prosedur. Prosedur saluran akar itu sendiri tidak menimbulkan rasa sakit. Perawatan saluran akar justru dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit tersebut. Dokter biasanya akan memberikan bius lokal untuk membuat kebas daerah sekitar gigi yang rusak.
Tapi ini bukan berarti Anda bisa datang begitu saja tanpa persiapan yang matang. Perawatan saluran akar gigi bisa menjadi pengalaman ke dokter gigi yang bebas trauma, terutama jika Anda mempersiapkan diri terlebih dahulu.