Apakah penanaman gigi palsu permanen memiliki dampak buruk?

Apa dampak yang akan terjadi pada penanaman gigi palsu yang dilakukan secara permanen?

Selayaknya prosedur operasi pada umumnya, operasi penanaman gigi palsu permanen juga memiliki risiko. Beruntung, masalah serius jarang sekali terjadi akibat penanaman implan gigi. Meski begitu, beberapa risiko di bawah ini kemungkinan bisa dialami oleh seseorang yang menjalani operasi pemasangan gigi implan.
• Muncul infeksi di tempat implan ditanam.
• Terjadi cedera atau kerusakan struktur di sekitar tempat penanaman gigi implan. Hal ini mungkin saja menimpa gigi atau pembuluh darah di sekitar area gigi implan.
• Terjadi kerusakan saraf pada gigi alami, gusi, bibir, atau dagu yang ditandai dengan adanya nyeri, mati rasa, atau kesemutan.
• Sinus yang bermasalah. Mungkin terjadi ketika hasil pemasangan gigi implan pada rahang berakhir menonjol pada salah satu rongga sinus.
Mengingat keuntungan pemasangan gigi palsu permanen lebih banyak daripada kerugian yang diderita, maka hal ini layak dijadikan pilihan saat seseorang kehilangan gigi. Agar risiko yang diderita kian minimal, pastikan pemasangannya dilakukan oleh ahli gigi profesional yang berlisensi.