Apakah normal bayi 8 bulan belum tumbuh gigi?

Mengamati pertumbuhan dan perkembangan bayi memang menjadi pengalaman tersendiri bagi orang tua. Namun tidak jarang orang tua justru panik atau cemas berlebihan ketika bayi tidak juga mampu melakukan sesuatu sesuai dengan usia normalnya. Apalagi jika anak tetangga yang sebaya sudah bisa melakukan segala macam hal. Termasuk mengenai pertumbuhan gigi bayi. Mungkin ada bayi 8 bulan belum tumbuh gigi dan belum menunjukkan tanda-tanda gigi bayi tumbuh.

Melihat penjelasan di atas, maka bisa dikatakan bahwa bayi 8 bulan belum tumbuh gigi itu masih sangat normal. Hal ini dikarenakan setiap bayi yang lahir ke dunia pasti memiliki kondisi fisik yang berbeda-beda. Selain itu, respons terhadap perlakuan orang di sekitarnya juga berbeda-beda. Makanan yang masuk ke dalam perutnya juga pasti berbeda dengan bayi lainnya. Bahkan anak kembar yang dirawat dengan cara yang sama dan orang tua yang sama pun bisa jadi mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang tidak sana.

Maka dari itu, seorang ibu atau ayah perlu lebih bijak dalam mengamati perkembangan si kecil. Hindari membandingkan dengan anak-anak sebaya lainnya dalam soal perkembangan dan pertumbuhan. Apalagi sampai berpikir bahwa hal tersebut dikarenakan Jenis Jenis Penyakit Gigi yang menyerang bayi. Kecuali, jika memang bayi menunjukkan tanda-tanda kesehatan yang tidak wajar. Selain itu, fase pertumbuhan bayi yang berbeda-beda ini juga telah dibahas oleh WHO (badan kesehatan dunia) dan juga IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia). Sehingga tidak perlu cemas berlebihan jika bayi 8 bulan belum tumbuh gigi.

Orang tua juga perlu tahu tanda bayi gigi mau tumbuh serta bagian gigi mana pada bayi yang akan tumbuh pertama kali, sehingga jika bayi menunjukkan ciri gigi akan tumbuh, orang tua bisa mengatasinya dengan baik. Karena biasanya bayi yang akan tumbuh gigi akan mengalami demam, rewel, hingga sariawan. Ketahui juga Cara Mengobati Sariawan pada Bayi untuk mengatasinya dengan baik.

Bagian gigi bayi yang akan pertama kali tumbuh adalah gigi depan bagian bawah, lalu akan disusul dengan gigi depan bagian atas. Baru kemudian gigi bagian lain akan menyusul untuk tumbuh. Biasanya juga akan muncul rasa sakit seperti orang dewasa yang akan tumbuh Gigi Bungsu.

sumber: https://halogigi.com/