Apakah minyak kelapa baik untuk menjaga kesehatan gigi?

mulut

Banyak penelitian mengungkapkan, bahwa minyak kelapa dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh, diantaranya adalah mengatasi diabetes, kolesterol tinggi hingga masalah jantung. Akan tetapi, apakah minyak kelapa baik untuk menjaga kesehatan gigi?

Minyak kelapa terdiri dari bahan-bahan yang dipercaya dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Bahan-bahan penyusun minyak kelapa antara lain asam laurat dan asam miristat.

Asam laurat adalah asam lemak rantai menengah yang paling banyak kandungannya di dalam minyak kelapa. Untuk diketahui, saat Anda mengonsumsi minyak kelapa, tubuh akan memecah asam laurat menjadi senyawa yang disebut monolaurin. Monolaurin dipercaya bisa melawan pertumbuhan jamur dan virus di dalam tubuh

Menurut penelitian, asam laurat dapat lebih efektif membunuh patogen daripada asam lemak jenuh lainnya. Asam laurat juga memiliki kemampuan untuk melawan bakteri di mulut yang bisa menyebabkan bau mulut, kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Penelitian lain membuktikan bahwa asam laurat sangat efektif untuk membunuh bakteri di mulut yang disebut Streptococcus mutans, yang merupakan penyebab utama kerusakan gigi. Bahkan minyak kelapa juga secara signifikan menurunkan penumpukan plak yang menjadi penyebab radang gusi.

Sementara itu, menurut Jessica T. Emery, DMD, dari Sugar Fix Dental Loft di Chicago, berkumur dengan minyak termasuk jenis pengobatan tradisional yang telah berlangsung selama ribuan tahun. Biasanya, minyak yang digunakan adalah minyak kelapa, minyak wijen, atau minyak biji bunga matahari.

Emery menyarankan, cobalah berkumur dengan minyak kelapa selama lima sampai sepuluh menit. Perlu diingat, jangan sampai minyak yang digunakan untuk berkumur-kumur tertelan. Jika dirasa jumlah minyak yang digunakan terlalu banyak, maka Anda bisa menguranginya. Setelah Anda berkumur dengan minyak, rutinitas menyikat gigi tetap harus dilakukan.

Sumber: http://doktersehat.com/jaga-kesehatan-gigi-dengan-minyak-kelapa/